Bisnis Sewa Ruang Pusat Perbelanjaan di Jakarta Masih Melemah

Jumlah tingkat kekosongan (vacancy) ruangan di pusat perbelanjaan Jakarta menembus angka 12,7%. Dengan kondisi seperti itu, bisnis sewa shopping mall Ibukota terbilang masih lemah.

Pasar Retail di Jakarta-Savills Indonesia-RumahHokie.com-panoramio
Ilustrasi pusat perbelanjaan. (Foto : panoramio)

RumahHokie.com (Jakarta) -Konsultan properti global, Savills Indonesia menyebutkan bahwa sektor retail secara general masih dalam kondisi lemah. Hal itu bisa dilihat dari cukup banyaknya ketersediaan ruang kosong di sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta.

Menurut Anton Sitorus, Head of Research & Consultancy Savills Indonesia, akibat dari permintaan yang terbatas dan banyak tenant pusat perbelanjaan sedang melakukan renovasi, kondisi pasar retail di Jakarta pada kuartal I-2018 cenderung negatif.

Mereka merilis pasokan ruang shopping mall di Ibukota mencapai 3, 1 juta meter persegi. Sedangkan, jumlah tingkat kekosongan (vacancy) ruangan di pusat perbelanjaan Jakarta  menembus angka 12,7%.

Baca Juga : Infrastruktur Diharapkan Jadi Faktor Penolong Iklim Investasi di Indonesia

“Sebenarnya, tidak semua toko tutup karena bisnis yang sedang turun. Namun, karena sejumlah tenant tengah melakukan renovasi. Seperti contohnya Plaza Senayan yang sedang melakukan perbaikan pada area food court-nya,” jelas Anton ketika jumpa pers, Rabu (28/03/2018).

Ia menambahkan, walaupun dengan tingkat kekosongan (vacancy) seperti itu, pasar sewa untuk shopping mall Jakarta, terbilang masih sehat.

“Kalau dilihat dari tingkat segmennya, tingkat kekosongan tertinggi berada di mal kelas middle up. Sementara untuk kelas high end sebanyak 8,6%,” katanya.

Pada periode kuartal I-2018, Savills Indonesia mencatat hanya satu proyek pusat perbelanjaan yang selesai digarap, yakni SOHO Pancoran, Jakarta Selatan.

Sedangkan, untuk harga sewa mal rata-rata sejauh ini masih terbilang relatif stabil jika dibandingkan 2 tahun terakhir.

Baca Juga : Permintaan Minim, Harga Sewa Perkantoran di CBD Jakarta Turun 0,5%

Savills Indonesia mencatat, harga sewa ruangan shopping mall di Jakarta berada di angka Rp354.000 per meter persegi / bulan untuk toko-toko yang kecil.

“Secara proyeksi, kami memperkirakan tingkat kekosongan mal-mal di Jakarta masih akan berada dikisaran 11 % hingga 12%. Dimana, memang kami melihat dua tahun kedepan pasokan akan lebih tinggi dari permintaan,” ujar Anton.

Pada tahun 2020 mendatang, mereka melihat bahwa permintaan dan pasokan ruang shopping mall di Jakarta akan berimbang. “Sedangkan di tahun 2021, kami memperkirakan permintaan ruang pusat perbelanjaan di Jakarta akan lebih tinggi dari pasokan,” pungkas Anton.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda