4 Cara Agar Kamar Tidur Anda Terbebas dari Nyamuk Membandel

Terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamar tidur bebas dari nyamuk, sehingga membuat istirahat Anda menjadi nyaman.

Cara Kamar Tidur Bebas Nyamuk, musim hujan
(Foto: getlaidbeds)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memasuki musim penghujan, potensi munculnya nyamuk di dalam kamar tidur menjadi meningkat. Tak jarang, ketika nyamuk berkeliaran di dalam kamar tidur, pemilik rumah menggunakan obat semprot khusu serangga yang banyak menggandung zat kimia berbahaya.

Sebenarnya, terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membuat kamar tidur bebas dari nyamuk, sehingga membuat istirahat Anda menjadi nyaman.

Lalu, bagaimana caranya untuk membuat kamar tidur di rumah bebas nyamuk? Simak tips-nya berikut ini.

Rutin bersihkan kamar tidur
Nyamuk suka dengan tempat-tempat yang lembap dan kotor. Agar membuat kamar tidur terbebas dari nyamuk, hal pertama yang harus dilakukan adalah rutin membersihkan kamar tidur.

Baca Juga: Ini Dia Cara Alternatif Basmi Jentik Nyamuk di Lingkungan Rumah

Selain itu, singkirkan pula baju-baju kotor dan celana yang menggantung di belakang pintu kamar serta barang-barang yang tak terpakai lainnya. Dengan cara itu, meminimalisir nyamuk untuk bersarang.

Ganti sprei dan sarung bantal
Kain sprei, sarung bantal guling serta selimut yang kotor itu juga akan memancing munculan nyamuk di dalam kamar tidur. Oleh karenanya, usahakan untuk mengganti sprei dan sarung bantal secara rutin, minimal dua minggu sekali.

Baca Juga: Tips Dekorasi Kamar Tidur Anak yang Memacu Kreativitas Buah Hati

Dengan mengganti sprei dan sarung bantal secara rutin, Anda pun dapat menghindari penyakit alergi yang ditimbulkan dari kehadiran tungau di area tersebut.

Aplikasikan kelambu di ranjang tidur
Jika kedua cara di atas sudah dilakukan, cobalah mengaplikasikan kelambu pada ranjang tidur Anda untuk perlindungan dari nyamuk yang maksimal.

Selain untuk menghalau nyamuk masuk, penggunaan kelambu juga akan memberikan tampilan yang unik nan cantik pada keseluruhan interior kamar tidur di rumah.

Baca Juga: Selain Indah, 4 Jenis Tanaman Ini Berguna Mengusir Nyamuk di Rumah

Hadirkan bunga lavender di sudut ruangan
Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman lavender dapat mengusir nyamuk. Oleh karena itu, hadirkanlah tanaman tersebut pada salah satu sudut di kamar tidur.

Jika dirasa akan memenuhi ruangan, Anda dapat memberikan pewangi dengan wewangian lavender di ruangan. Dengan langkah tersebut, bisa mencegah nyamuk-nyamuk berkeliaran di dalam kamar tidur.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda