Atap Rumah Ditumbuhi Jamur? Begini 3 Cara Membersihkannya

Mumpung sudah musim kemarau, Hokie People bisa mulai membersihkan bagian atap rumah Anda dari serangan jamur dan lumut. Berikut ini beberapa cara untuk membersihkannya.

(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Berfungsi sebagai ‘payung’ yang melindungi bangunan dari paparan sinar matahari dan air hujan, atap rumah rentan ditumbuhi oleh jamur dan lumut. Agar bagian tersebut tak rusak dan juga tetap terjaga keindahannya, maka perlu dilakukan pembersihan secara rutin.

Nah, mumpung sudah musim kemarau, Hokie People bisa mulai membersihkan bagian atap rumah Anda dari serangan jamur dan lumut.

Selain membersihkan, Anda juga bisa sekalian memeriksa apakah ada bagian atap yang bocor atau pun rusak. Berikut ini 3 cara menghilangkan kotoran jamur dan lumut pada atap rumah.

Baca Juga : Selain Meredam Panas, Atap Ini Mampu Menahan Beban 540 Kilogram

Sikat atap rumah yang terkena jamur
Cara pertama yang bisa ditempuh ketika atap rumah ditumbuhi jamur dan lumut adalah membersihkan bagian yang kotor dengan menyikatnya menggunakan sikat lantai.

Anda dapat memulai menggosok bagian atap yang ditumbuhi jamur ke arah bawah. Dengan begitu, lumut akan terangkat dan genteng rumah pun kembali bersih.

Untuk menjangkau bagian yang jauh, Anda bisa menggunakan trik mengikat sikat tersebut dengan kayu ataupun bambu panjang.

Namun jangan lupa untuk tetap memastikan arah sikat tersebut digosok searah dari atas ke bawah ya. Hal ini untuk menghindari genteng rumah yang bergeser akibat gerakan sikat.

Gunakan cairan pembersih
Jika hanya dengan menggunakan sikat, dirasa sulit untuk menghilangkan jamur dan lumut, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan menggunakan cairan pembersih atap yang terbuat dari bahan hidrogen peroksida dan mencampurnya dengan air hangat.

Campuran cairan hidrogen peroksida dan air hangat,  dapat digunakan untuk mempermudah saat akan menyikat atap untuk membersihkan jamur yang menempel.

Agar tak ada jamur atau bekas rontokan jamur yang tertinggal, disarankan Anda menyemprotkan air ke arah bawah agar semua kotoran terjatuh dan tak ada yang tertinggal, sehingga atap terlihat bersih dan kecantikan bangunan dapat bertahan.

Baca Juga : Ingin Suhu Rumah Menjadi Adem? Yuk Buat Taman di Atas Atap!

Pertimbangkan pressure washing
Apabila dengan cairan pembersih kotoran jamur dan lumut juga tidak mau hilang, pertimbangkan untuk menggunakan pressure washing

Pressure washing adalah metode pencucian menggunakan semprotan air dengan kekuatan antara 1.200 psi hingga 2.000 psi untuk membersihkan lumut, jamur, lumpur, cat, debu dan kotoran lainnya pada permukaan rumah. Anda bisa menyemprotkan bagian genteng ke arah bawah hingga jamur dan lumut terkelupas bersih.

Selamat mencoba ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda