Bagaimana Menemukan Arsitek yang Cocok untuk Rumah Anda? Simak 5 Tips Ini

Seiring kemajuan teknologi, jasa arsitek dapat dengan mudahnya ditemukan. Namun demikian, Anda tetap harus memilihnya secara selektif.

Bagaimana Menemukan Arsitek yang Cocok untuk Rumah Anda? Simak 5 Tips Ini
(Foto: istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banyak dari Anda mungkin merasa bingung ketika ingin mewujudkan desain rumah impian. Oleh karenanya, diperlukan peran arsitek terpercaya untuk merancang dan memberi arahan kepada Anda selaku pemilik properti.

Seiring kemajuan teknologi, jasa arsitek dapat dengan mudahnya ditemukan. Namun demikian, Anda tetap harus memilihnya secara selektif.

Jangan sampai Hokie People memilih arsitek yang salah hanya karena tarif jasa yang murah. Karena akan mendatangkan penyesalan selama bertahun-tahun ke depan akibat stuktur rumah kurang tepat dan desainnya tidak sesuai dengan permintaan.

Baca Juga: Ini Pertimbangannya Mengapa Anda Perlu Memakai Jasa Arsitek

Nah, agar tak merugi di kemudian hari, cobalah untuk perhatikan 5 tips ini.

Melihat portofolio arsitek rumah
Untuk membangun rumah impian, Anda perlu menemukan biro arsitek yang sudah banyak pengalaman. Semakin banyak portofolio mereka, maka semakin banyak pengalaman yang didapatkan.

Dari portofolio ini, Anda juga bisa menilai apakah gambar rancangan dan hasil rumahnya sesuai dengan keinginan. Apabila sudah merasa cocok, segera hubungi arsitek rumah tersebut untuk berdiskusi lebih lanjut.

Coba cari tahu review sang arsitek tersebut
Hasil kerja saat merancang konstruksi bangunan yang bagus tentu akan membuahkan review yang bagus juga. Cobalah cari tahu informasi atau review mengenai hasil kerja sang biro arsitek dari klien sebelumnya.

Jika si arsitek rumah bisa berbohong mengenai kualitas kerjanya, maka para klien yang sudah pernah menggunakannya tidak akan berbohong. Anda bisa pula meminta rekomendasi nama arsitek dari sahabat serta keluarga.

Baca Juga: Perbaikan Rumah Terganjal Biaya, Coba Ajukan Kredit Renovasi

Cari arsitek dengan brand dan kontak yang jelas
Seorang arsitek rumah yang profesional pasti memiliki brand yang mendongkrak nilai jual jasanya, baik arsitek freelance atau yang bekerja di bawah naungan badan usaha. Begitu juga kontak yang jelas agar mudah dihubungi dan dicari jika kamu membutuhkannya.

Tanya informasi secara detail
Jika sudah yakin untuk menggunakan jasa biro arsitek tersebut, tanyakan detail informasi lebih lanjut. Misalkan, seperti mengenai cara kerja dan upanya, berapa lama proses rancangan desain, berapa kali revisi yang diijinkan dan seterusnya. Jangan lupa pula untuk meminta Surat Perjanjian Kerja (SPK) tertulis yang ditandatangani oleh Anda sebagai klien,
konsultan desain interior, dan arsitek itu sendiri.

Jalin hubungan baik dengan arsitek
Kamu tidak hanya berhubungan selama seminggu atau dua minggu saja dengan sang arsitek. Akan tetapi bisa berbulan-bulan. Jalinlah hubungan baik dan buatlah komunikasi yang nyaman dengan arsitek tersebut, agar lebih mudah menyampaikan pendapat dan keinginan dalam membangun rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda