Bagaimana Persaingan Antara Broker Properti Pria dan Wanita?

Lama kelamaan di dunia broker properti bisa terjadi gender transformation. Mengapa demikian?

agen properti - broker - assistant - pria - wanita - rumahhokie - dok
Agen properti (Foto: Freepik.com)

RumahHokie.com – ERA Indonesia, franchise broker properti paling besar di Indonesia, beberapa waktu lalu mengumumkan susunan para juaranya. Dari kelompok marketing, keluar jagoan wanita sebanyak 50%. Dari pemimpin/pemilik kantor (member broker) muncul wanita 38%.

Ada hal menarik yang ingin saya ulas. Sepuluh tahun lalu, marketing wanita merajai ranah closing dengan komisi besar. Survei saya, ada 33% marketing wanita, tetapi memberi kontribusi 51% penjualan.

Baca Juga: Tips Sukses Melakukan Negosiasi Bagi Broker Properti

Kaum pria cuma menang gaya. Saat itu, member broker wanita juga cuma sekitar 15%. Kisaran angka ini identik dengan di Amerika, dimana dedengkot master franchise ERA, Century21, Keller Williams, dan RE/MAX berasal.

Kini, setidaknya dari juara di ERA, marketing top mulai bergeser ke pria dan pemilik kantor mulai banyak wanita. Mungkin marketing wanita mulai berkurang karena banyak dikawin sama member brokernya, mungkin pula member broker wanita banyak berasal dari marketing. Belum ada kajian.

Baca Juga: Tips Bagi-bagi Komisi Agar Agen Properti Tak “Berkelahi”

Tetapi, lama-lama trennya akan jadi begini: pria jadi sales, wanita jadi pemilik kantor. Waduh, ini gender transformation.

Pungky sudah punya kantor sendiri. Jangan-jangan jagat kekuasaan pria sudah dilucuti dan “bertekuk lutut di kerling wanita”. Saya melihat juga gejala ini di rilis-rilis juara dari perusahaan-perusahaan asuransi.

Baca Juga: Inilah Kasus Hukum yang Sering Menjerat Broker Properti

Wahai pria, tunjukkan dirimu. Sekarang engkau dalam penjajahan. Apalagi yang dapat kau banggakan selain menjadi pria sejati dan tidak ejakulasi dini?

Ayo bekerja lebih cerdas, jangan ikut-ikut manicure dan luluran. Bau keringatmu adalah nafas sorga bagi keluargamu. Ciyus!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda