Bank BTN Kucurkan KPA ke Dua Proyek Apartemen PP Urban

Bank BTN mengucurkan kredit konstruksi dan KPA untuk proyek UrbanTown Karawang dan UrbanTown Serpong.

kerjasama-kpa-bank-btn-pp-urban-anto-erawan-rumahhokie-dok
Bank BTN kucurkan KPA untuk dua proyek apartemen yang dikembangkan PP Urban (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk memperkuat penyaluran kredit di sektor properti, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., melakukan kerjasama dengan PT PP Urban—anak usaha PT PP (Persero), Tbk.

Lewat kerjasama ini, Bank BTN berkomitmen mengucurkan kredit konstruksi dan kredit pemilikan apartemen (KPA) untuk dua proyek yang tengah dikembangkan PP Urban, yakni UrbanTown Karawang dan UrbanTown Serpong.

Baca Juga: 2018, Bank BTN Targetkan Penyaluran KPA Sebesar Rp748 Miliar

Budi Satria, Direktur Consumer Banking Bank BTN menjelaskan, kerjasama ini merupakan salah satu bentuk upaya Bank BTN dalam pencapaian target satu juta rumah yang digagas Pemerintah.

“Dalam proses tersebut, kami melakukan kerjasama dengan beberapa perusahaan BUMN, termasuk PP Urban,” tutur Budi di sela acara penandatanganan kerjasama, Kamis (9/8/2018).

Baca Juga: Relaksasi LTV: Bank BTN Yakin Pertumbuhan Kredit Capai Target

Untuk KPA, Bank BTN akan memberikan bunga khusus kepada konsumen UrbanTown yakni 8,25% fixed tiga tahun. Proses akad KPA pun dibuat mudah dengan membayar booking fee, tanpa biaya provisi,  dan biaya administrasi. Sementara itu, untuk kredit konstruksi, Budi mengaku mengetahui angka pastinya.

“Angkanya belum keluar, tetapi kami sudah bekerjasama dengan Grup PP—termasuk PP Properti—dan angkanya sudah triliunan rupiah,” kata Budi.

Tiga Proyek UrbanTown
Pada kesempatan yang sama, Nugroho Agung Sanyoto, Presiden Direktur PP Urban menjelaskan, saat ini pihaknya sedang dan segera mengembangkan tiga proyek: UrbanTown Serpong, Karawang, dan Sudimara.

UrbanTown Serpong memiliki luas lahan 1,14 hektar dengan jumlah 1.725 unit. Harga yang ditawarkan sekitar Rp10 juta per meter persegi.

“Saat ini pembangunannya sampai lantai 18 dari total 24 lantai. Rencananya, September mendatang akan dilakukan topping off,” kata Nugroho.

Baca Juga: Presiden Resmikan 6.000 Unit Rusunami Seharga Rp293 Juta

Berada di atas lahan seluas 2,8 hektar, imbuhnya, UrbanTown Karawang merupakan apartemen low rise sembilan lantai yang akan merangkum delapan menara hunian dengan total 5.000 unit. Pada tahap pertama, ditawarkan 300 unit dengan harga Rp9 juta per meter persegi.

“Tower pertama masih dalam tahap pembangunan pondasi, sedangkan penjualan sudah dimulai Juli 2018,” ungkap Nugroho.

Menurutnya, pasar potensial UrbanTown Karawang adalah karyawan sektor industri yang berada di kawasan tersebut. Untuk pemasaran, PP Urban juga melakukan pendekatan dengan beberapa koperasi karyawan.

“Saat ini, pasar memang sedikit menurun, tetapi efeknya lebih berdampak pada investor. Sementara kami menyasar end user. Dengan harga terjangkau, angka backlog perumahan yang tinggi, dan Program Sejuta Rumah, mestinya produk kami akan terserap pasar,” paparnya.

Sementara itu, UrbanTown Sudimara akan dibuat lebih premium. Nugroho mengatakan, proyek dengan luas lahan 4,7 hektar ini masih tahap pengerjaan design dan menurut rencana proses groundbreaking akan digelar pada Februari 2019.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda