Bank BTN Tawarkan KPR Khusus Generasi Milenial

Bank BTN memiliki produk KPR yang bisa diakses oleh konsumen berusia 18 tahun dengan jangka waktu cicilan hingga 30 tahun.

hunian generasi milenial - rumahhokie - dok3
Foto: Diolah RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta)Generasi milenial yang kini memasuki usia produktif ditengarai menjadi pasar yang menarik untuk sektor KPR (kredit pemilikan rumah). Kendati demikian, perbankan harus pandai mengatur strategi untuk menarik minat mereka, pasalnya kaum milenial memiliki gaya hidup yang khas.

“Kaum milenial memiliki gaya hidup yang konsumtif. Dengan demikian, kemauan mereka membeli properti juga minim,” jelas Suryanti Agustinar, Executive Vice President Non Subsidized Mortgage and Consumer Leading Division PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk. pada diskusi Indonesia Housing & Creative Forum bertajuk “Uang Muka KPR Nol Rupiah Dongkrak Kebangkitan Properti Generasi Milenial”, Selasa (4/9/2018).

Baca Juga: 2018, Bank BTN Targetkan Penyaluran KPA Sebesar Rp748 Miliar

Ada beberapa kendala yang dihadapi perbankan dalam penyediaan KPR untuk generasi milenial. Pertama, mereka harus menyiapkan uang muka.

“Meski hanya 5%, tetapi mereka harus ada uang untuk bayar DP,” kata Suryanti.

Kedua, kenaikan harga properti di kawasan strategis juga signifikan. Hal ini juga yang membuat angka backlog perumahan semakin bertambah.

Suryanti menjelaskan, sebagai bank yang fokus di sektor perumahan, Bank BTN ingin menangkap potensi generasi milenial yang produktif. Jika target konsumen biasanya berumur antara 25 hingga 35 tahun, sekarang ini banyak yang umur 18 sudah bekerja, seperti menjadi PNS atau TNI-Polri.

“Dengan demikian, KPR Bank BTN kini bisa diakses oleh mereka yang berusia 18 tahun, yang penting sudah punya penghasilan,” tutur Suryanti.

Baca Juga: Inspirasi Rumah yang Mendorong Kreativitas Generasi Milenial

Agar menarik minat kaum milenial, imbuhnya, Bank BTN meluncurkan KPR Zero yang tidak mewajibkan konsumen membayar pokok selama dua tahun—mereka hanya bunga.

“Dengan demikian, generasi milenial bisa lebih leluasa menjalankan gaya hidup mereka, apalagi jangka waktu cicilan KPR hingga 30 tahun. Dengan tenor panjang, maka cicilan bisa lebih ringan,” urai Suryanti.

Selain itu, Bank BTN juga memiliki layanan KPR online, yang membuat konsumen lebih leluasa melakukan aplikasi KPR dari mana saja, bisa dari rumah atau mal.

Baca Juga: Resmi, Bank BTN Kembali Kucurkan KPR Subsidi FLPP

Untuk pengembangan bisnis, jelasnya, Bank BTN juga melakukan sinergi dengan beberapa developer guna menyalurkan subsidi bunga KPR.

Saat ini banyak developer yang membangun TOD (transit oriented development). Salah satunya dengan Perumnas yang membangun TOD di Rawabuntu, Tanjung Barat, dan Pondok Cina. Sementara, Adhi Karya juga membangun proyek di sekitar LRT (light rail transit).

“Dengan harga properti yang tidak terlalu mahal dan transportasi yang baik, unit-unit apartemen yang berkonsep TOD berdekatan dengan LRT paling diminati generasi milenial,” paparnya.

Lebih lanjut, Suryanti mengatakan, di 2018 ada kecenderungan generasi milenial mulai menyukai rumah.

“Mereka ingin punya rumah untuk weekend, meski agak di pinggir kota. Sementara di hari kerja, mereka memilih sewa apartemen. Jadi demand rumah dan apartemen sebenarnya sama-sama tinggi,” tutup Suryanti.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda