Beberapa Inspirasi Ini Sanggup Menghadirkan Interior Bergaya Bohemian

Interior hunian bergaya bohemian memiliki karakter yang penuh kebebasan dengan penerapan berbagai desain furnitur dan aksesori ruangan yang dinamis.

Interior Gaya Bohemian-RumahHokie.com-Istimewa-pinterest
(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banyak kalangan memilih gaya bohemian sebagai tema dari interior huniannya. Walaupun jauh dari kesan mewah, namun gaya tersebut memiliki karakter yang penuh dengan kebebasan dan tetap menjaga estetika dalam penataannya.

Interior rumah atau unit apartemen yang menerapkan gaya bohemian akan dipenuhi oleh furnitur dan aksesori ruangan dengan berbagai bentuk yang dinamis. Begitu pula dengan aplikasi skema warna di ruangan, yang cenderung ‘hidup’.

Dikutip dari Arsitag, awalnya istilah bohemian digunakan untuk menggambarkan gaya hidup
non-tradisional di Eropa pada pertengahan tahun 1.800-an.

Kemudian, istilah tersebut menjadi lekat dengan kata “gipsi”, untuk mereka yang meninggalkan Bohemia di Eropa Tengah untuk melarikan diri dari aturan yang kaku. Konsep kebebasan itulah yang berkembang dan ‘melahirkan’ genre baru dalam penataan dekorasi ruangan.

Baca Juga: Ide Dekorasi Interior Rumah Bergaya Vintage yang Bikin Rindu Masa Lalu

Berikut ini beberapa ide apabila anda tertarik ingin menerapkan gaya desain ruangan bernuansa bohemian yang penuh dengan kebebasan.

Padukan berbagai gaya furnitur

Salah satu ciri interior gaya bohemia adalah seringnya menggunakan furnitur yang menggabungkan banyak tekstur. Furnitur dari periode berbeda sering dikelompokkan bersama dalam satu ruangan.

Misalkan saja, anda bisa meletakan kursi dan lemari berdesain vintage yang dipadukan dengan coffee table bergaya modern. Berikan pula menghadirkan aksen ruangan dengan mengaplikasikan aksen tambahan berupa beberapa bantal (cushions) berwarna-warni.

Baca Juga: Hanya dengan 4 Langkah, Anda Bisa Menata Interior Selayaknya Desainer

Aplikasikan berbagai material tekstil

Material tekstil merupakan elemen dekorasi yang paling penting dalam penerapan desain bergaya bohemian. Konsep tersebut diejawantahkan melalui penggunaan bantal, karpet, gorden, dan kain pelapis lainnya.

Pola, warna, dan tekstur harus sama pentingnya. Kain harus terlihat kontras dan tidak diperlukan adanya keserasian. Meletakan kain wastra Nusantara, seperti kain tenun yang dihamparkan pada salah satu sisi sofa bergaya modern, akan membuat tampilan ruangan menjadi menarik.

Kolaborasi beragam pernik

Gaya bohemian kerap mengkolaborasikan pernak-pernik dekoratif yang cenderung murah dengan desain furnitur tertentu. Gaya ini juga sering menggunakan barang sehari-hari sebagai salah satu dekorasi rumah, misalnya toples bekas, tutup botol, paper craft, dan benda-benda lain yang dikumpulkan dan dibentuk hingga menciptakan nilai estetis yang terlihat cantik secara estetik.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda