Begini Cara untuk Mengoptimalkan Fungsi Sofa di Ruang Tamu

Penempatan sofa tak hanya melengkapi dekorasi, namun juga dapat membawa suasana nyaman pada area ruang tamu di berbagai kondisi, termasuk disaat merayakan malam tahun baru.

Sofa ruang tamu, dekorasi tahun baru
(Foto: Decoist)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sofa merupakan salah satu jenis perabot furnitur yang
umumnya diletakkan di ruang tamu. Keberadaan sofa tak hanya melengkapi dekoras ruang tamu, namun juga membawa suasana nyaman pada berbagai kondisi, termasuk disaat merayakan malam tahun baru.

Ada dua jenis material sofa yang bisa dipilih oleh Hokie People, yakni sofa berbahan kain dan kulit. Masing-masing bahan tersebut memiliki karakter terhadap visual ruangan dan cara perawatannya sendiri.

Dalam penataannya pun demikian. Pemilik hunian disarankan terlebih dahulu mengukur ketersediaan lahan pada area ruang tamu serta memahami karakter bentuk dan warna dari sofa tersebut, agar penempatannya dapat selaras dengan interior rumah ataupun unit apartemen.

Baca Juga: Lebih Memilih Menggunakan Sofa Kulit atau Sofa Kain?

Nah, berikut ini tiga tips dan trick yang perlu diperhatikan ketika Anda ingin menempatkan sofa di ruang tamu, sehingga bisa mendapatkan fungsi serta tampilan dekorasi yang optimal.

Ketahui fungsi dan kebutuhan ruang tamu terlebih dahulu
Di setiap hunian, memiliki fungsi dan kebutuhan ruang tamu yang berbeda-beda. Hal ini tak terlepas dari aktivitas dan kebiasaan para anggota keluarga di setiap rumah.

Baca Juga: Tips Membuat Dekorasi Perayaan Tahun Baru Secara Murah Meriah

Selain itu, pertimbangkan pula akan jumlah tamu yang biasanya berkunjung. Jika jumlah set sofa dirasa kurang untuk menjamu tamu yang biasa berkunjung, Anda bisa tambahkan kursi satuan sebagai tempat duduk. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anda dapat mengatur letak sofa secara optimal.

Sesuaikan dengan ukuran ruangan
Hal selanjutnya yang juga perlu diperhatikan dari penempatan sebuah sofa di ruang tamu adalah harus menyesuaikan dengan luas area tersebut. Apabila ruang tamu minimalis diberi sofa dengan ukurannya yang besar, tentu akan membuat area tersebut semakin terasa semakin sempit.

Baca Juga: Ingin Sofa Berbahan Kain Anda Terlihat Bersih, Cobalah Cara Ini

Pilih desain sofa yang nyaman dan cantik
Faktor tampilan desain pun harus menjadi pertimbangan Anda. Cara lain agar bisa mengoptimalkan fungsi sofa yang ada di ruang tamu adalah dengan memilih desain sofa yang nyaman serta memiliki bentuk desain yang cantik.

Ruang tamu merupakan area komunal yang banyak dilihat orang, sehingga wajib bagi pemilik rumah untuk menyediakan sofa yang nyaman dan juga indah secara visual mata.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda