Begini Pengaturan Pencahayaan Berdasarkan Kebutuhan Ruang

Pengaturan pencahayaan ruangan yang tepat, bukan saja akan memberi kenyamanan beraktivitas penghuni rumah, namun juga berdampak pada tampilan interior hunian yang semakin indah.

Pengaturan Pencahayaan di Rumah
Ilustrasi pencahayaan lampu di ruang tamu. (Foto: ndikhome)

RumahHokie.com (Jakarta) – Setiap ruangan di rumah memiliki kebutuhan dan pengaturan pencahayaan yang tidak bisa disamakan. Masing-masing ruangan punya karakter penerangan tersendiri, berdasarkan aktivitas yang sering dilakukan di tempat tersebut.

Terdapat dua jenis pencahayaan sebagai sumber penerangan di rumah, yakni pencahyaan alami yang berasal dari cahaya matahari serta pencahayaan buatan yang didapat dari pancaran lampu.

Pengaturan pencahayaan ruangan yang tepat, bukan saja akan memberi kenyamanan beraktivitas penghuni rumah, namun juga berdampak pada tampilan interior hunian yang semakin indah.

Baca Juga: Berbagai Rancangan Lampu LED yang Terinspirasi Keindahan Alam

Nah, sebenarnya masing-masing ruangan di rumah atau ruangan di unit apartemen memiliki pengaturan pencahayaannya tersendiri, lho Hokie People. Simak pembahasannya berikut ini.

Pencahayaan di ruang tamu
Pengaturan pencahayaan pada ruang tamu tergantung dengan luasan dan penataan perabot funitur. Jika ruang tamu hunian Anda tergolong cukup luas, lakukanlah pembagian
penerangan berdasarkan area.

Letakkan general lighting pada area yang menjadi pusat berkumpul. Pilih lampu dengan intensitas cahaya sedang, sehingga dapat menciptakan kesan hangat.

Baca Juga: Perpaduan Bentuk Lampu Ciptakan Konsep Ruang Nan Elegan

Sedangkan untuk ruang tamu minimalis, gunakanlah general lighting yang mampu mendistribusi cahaya secara merata. Anda dapat mengatur pencahayaan dengan cara dipantulkan ke arah plafon atau bagian dinding, sehingga membuat ruangan terkesan lebih luas.

Pencahayaan di ruang makan
Untuk pencahayaan di ruang makan, tidak memerlukan pengaturan yang rumit. Anda cukup sediakan lampu gantung atau chandelier yang menghasilkan pencahayaan sentral di atas meja. Kemudian, aturlah tinggi dan rendahnya lampu sesuai dengan kebutuhan.

Pencahayaan di dapur
Dapur merupakan salah satu ruangan yang membutuhkan pencahayaan terang dan merata, karena kebutuhan untuk memasak dan menyiapkan makanan. Anda dapat mengkolaborasikan antara pencahayaan alami dari sinar matahari yang masuk melalui jendela dengan pencahayaan buatan dari lampu.

Baca Juga: Benarkah Menyalakan Lampu Saat Tidur Pengaruhi Kesehatan Tubuh?

Aplikasikan task lighting berupa lampu sorot di bagian bawah lemari kabinet dapur yang mengarah langsung ke counter top. Dengan begitu, memudahkan Anda dalam menyiapkan bahan makanan.

Pencahayaan di kamar tidur
Kebutuhan desain pada kamar tidur adalah bagaiamana menciptakan nuansa yang rileks dan nyaman. Oleh sebab itu, pengaturan pencahayaan pun harus dibuat sedemikian rupa, agar mampu menghadirkan nuansa yang nyaman.

Anda dapat memilih lampu dengan ambience warna pencahayaan kekuningan. Agar tidak menyilaukan mata, pasanglah dimmer untuk mengatur intesitas pencahayaan agar bisa disesuaikan dengan aktivitas di ruang tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda