Begini Tips Menggambar Denah Rumah Minimalis dengan Mudah

Pembuatan denah rumah minimalis dapat dikerjakan setelah melalui serangkaian tahap analisa berdasarkan kebutuhan ruang, karakter lahan hingga konsep desain yang ingin diterapkan.

gambar denah rumah
Ilustrasi gambar denah rumah. (Foto: publicbroadcasting)

RumahHokie.com (Jakarta) – Dalam proses pembangunan sebuah rumah minimalis, pembuatan gambar denah bangunan menjadi hal yang krusial. Kehadiran gambar denah menjadi acuan bagi kontraktor dan arsitek dalam mewujudkan bangunan yang kokoh dan nyaman untuk ditempati.

Pembuatan denah rumah dapat dikerjakan setelah melalui serangkaian tahap analisa desain. Mulai dari analisa kebutuhan ruang, analisa lahan, konsep desain, hingga pengembangan desain.

Setelah semua proses analisa tersebut dikerjakan dengan baik, barulah sebuah denah bisa digambar dan dapat menjadi acuan ketika tahap pembangunan hunian berlangsung.

Baca Juga: Alasan Mengapa Gaya Rumah Minimalis Cocok untuk Anda

Ketika menggambar denah rumah, setiap ruang harus tergambar dengan jelas dan menggunakan perbandingan ukuran sebenarnya. Dilansir dari laman Arsitag, berikut ini tips menggambar denah rumah minimalis.

Letakkan gambar denah di dalam lahannya
Melalui cara meletakkan gambar denah berada di dalam lahan, Anda dapat dengan mudah menentukan posisi setiap ruang serta koneksi dengan area luar bangunan.

Beri nomor pada tiang struktural
Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memberi nomor pada bagian tiang struktural. Dengan beri memberi nomor tiang struktural pada denah akan mempermudah penggambaran potongan bangunan dan mempermudah pekerjaan ketika proses pembangunan rumah minimalis.

Baca Juga: Sedang Merencanakan Membeli Rumah Pertama Anda? Pertimbangkan Hal Berikut Ini

Tuliskan keterangan ruang dan ketinggian lantai
Untuk mempermudah dalam mewujudkan hunian yang nyaman dan memiliki tampilan indah, beri nama keterangan ruang dan tuliskan ketinggiannya terhadap titik acuan ±0.00. Hal itu dilakukan agar diketahui perbedaan ketinggian lantai setiap ruang dan mempermudah pengerjaan pembangunan.

Sertakan pula skala dan arah Utara-Selatan
Dengan menuliskan skala bangunan rumah dan arah hadap Utara-Selatan, akan memudahkan kontraktor maupun arsitek untuk menentukan posisi setiap ruang dan komposisi interior-nya.

Baca Juga: Perhatikan Enam Bentuk Tanah Kavling dan Kelebihannya

Gambarkan bentuk pintu, jendela, maupun ventilasi lainnya secara spesifik
Akses pintu masuk dan ventilasi udara merupakan bagian yang tak kalah pentingnya
dari sebuah bangunan.

Rumah yang tergolong sehat, akan memiliki bukaan sesuai dengan perhitungan dan kebutuhan dari bangunan tersebut. Nah, dengan menggambar bentuk pintu, jendela serta ventilasi secara spesifik pada lembaran denah rumah, tentu akan membantu dalam proses pembangunan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda