Cara Membuat Gudang Rumah Menjadi Bersih dan Teratur

Dengan merapikan gudang di rumah, akan membuatnya tampak lebih indah dan teratur. Sehingga akan memudahkan Anda ketika mencari barang yang dibutuhkan.

Tips Membersihkan Gudang dengan Cepat-RumahHokie
(Foto : istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai area storage di rumah, gudang menjadi tempat meletakkan berbagai barang yang untuk sementara waktu tak terpakai. Kadang kala pemilik hunian menyimpannya dengan menumpuk begitu saja, sehingga membuat gudang di rumah kian berantakan.

Hal ini tak jarang kemudian membuat gudang menjadi kumuh, kotor dan penuh serangga. Padahal dengan merapikan gudang di rumah, akan membuatnya tampak lebih indah dan teratur. Mencari barang yang dibutuhkan pun menjadi lebih mudah.

Berikut ini tips yang perlu diperhatikan ketika ingin merapikan gudang di rumah.

Baca Juga : Ragam Kreasi dari Pipa Besi Bekas untuk Interior Rumah Anda

Mengatur berbagai barang
Saat berniat untuk membersihkan gudang di rumah Anda, mulai lah dengan mengatur barang-barang yang menumpuk. Ada baiknya semua barang tersebut dicek dan ditata satu per satu, kemudian buatlah daftar barang yang ada di area penyimpanan itu. Dengan cara begitu, Anda tak perlu bingung ketika ingin mencari salah satu barang di gudang.

Gunakan rak atau lemari
Agar lebih teratur, simpan barang-barang yang ada di gudang dengan meletakkannya di dalam lemari atau rak penyimpanan. Cara ini bermaksud untuk menghindari barang tergeletak berantakan di dalam gudang rumah. Dengan menggunakan lemari atau rak juga membuat gudang tampak mudah dibersihkan.

Baca Juga : Atap Rumah Ditumbuhi Jamur? Begini 3 Cara Membersihkannya

Simpan barang dalam wadah
Barang yang berserakan dan berantakan di dalam rak atau lemari tentu bukanlah hal yang bagus. Untuk mencegah hal tersebut, tidak ada salahnya menggunakan wadah atau boks kontainer untuk menyimpan barang-barang tersebut sesuai kelompoknya.

Untuk mempermudah menemukan barang saat diperlukan tanpa perlu membongkar satu per satu, wadah-wadah tersebut bisa diberi label berdasarkan fungsi atau jenisnya.

Pertimbangkan daur ulang barang tak terpakai
Untuk barang-barang yang sudah rusak dan tak terpakai, cobalah untuk mendaur ulangnya menjadi barang dengan fungsi lainnya. Misalkan saja, tumpukan sepatu tak terpakai, bisa Anda jadikan pot tanaman unik di halaman. Namun jika sudah benar-benar tidak bisa dipakai kembali sebaiknya dibuang agar tidak membuat gudang di rumah terasa penuh.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda