Cara Menata Rumah Sederhana Tipe 30 Agar Terlihat Mewah

Salah satu tipe hunian tapak yang banyak dilirik oleh masyarakat adalah rumah tipe 30. Dengan penataan yang cermat, tipe rumah sederhana itu pun bisa nampak luas dan berkesan mewah.

(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banyak kalangan, termasuk generasi milenial akan memilih tipe rumah yang tak terlalu besar sebagai propeti pertama miliknya. Disamping secara harga lebih terjangkau, alasan kebutuhan ruang yang belum terlalu banyak menjadi pertimbangan mereka dalam memilih rumah.

Salah satu tipe hunian tapak sederhana yang banyak dilirik oleh masyarakat, yaitu rumah dengan luas bangunan 30 meter persegi dan dibangun di lahan tanah sebesar 60 meter persegi atau dikenal pula dengan sebutan rumah tipe 30/60.

Mereka yang menghuni rumah tipe 30/60, biasanya merupakan pasangan muda yang baru menikah atau anak muda yang masih tinggal sendiri dan ingin hidup mandiri.

Baca Juga: Ide Rancangan Meja Makan untuk Rumah Berlahan Sempit

Untuk menghadirkan hunian nyaman dengan tampilan interior rumah tipe 30/60 yang berkesan indah dan mewah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Simak tipsnya berikut ini.

Tentukan tema

Pemilik rumah bisa memulai merancang interior huniannya dengan menentukan tema utama dari keseluruhan ruang. Pilihlah gaya desain yang anda sukai dan sesuaikan dengan ukuran hunian.

Karena rumah tipe 30/60 memiliki lahan yang tak terlalu besar, anda harus cermat dalam memadu-padankan elemen interior yang terdiri dari ruang, garis, bentuk, pencahayaan, warna, tekstur, serta pola.

Pilih cat berwarna cerah

Para arsitek dan desainer interior sering memberikan rekomendasi penggunaan cat berwarna putih ataupun warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah dengan luasan yang terbatas.

Menerapkan warna putih ataupun warna natural lainnya pada bidang dinding rumah tipe 30/60 dapat membuat ruangan nampak lebih luas serta mampu memberikan nuansa yang mewah pada tampilan interiornya.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Keluarga dan Ruang Makan dalam Satu Area

Pakai furnitur multifungsi

Langkah selanjutnya, pilihlah furnitur multifungsi sesuai kebutuhan anda. Penggunaan furnitur yang memiliki fungsi ganda, akan memberikan solusi bagi keterbatasan lahan untuk rumah bertipe 30/60.

Misalkan saja, anda bisa meletakan lemari kabinet bergaya skandinavian yang dapat difungsikan juga sebagai ranjang lipat di kamar tidur. Dengan memanfaatkan furnitur multifungsi, anda dapat menghadirkan tampilan yang mewah, sekaligus nyaman untuk ditinggali.

Hadirkan pencahayaan yang baik

Pencahayaan merupakan salah satu aspek penting pada sebuah bangunan, karena dapat membantu menampilkan karakter tertentu pada ruangan. Rumah yang mewah memiliki pencahayaan yang baik dan terang.

Pasanglah lampu yang elegan di ruang tamu, kamar tidur serta atau di ruang makan agar
keindahan dari setiap sudut ruang bisa terlihat.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda