Ciptakan Ruang Bersantai Pada Hunian Anda dengan 5 Langkah Ini

Pemilik rumah dapat menciptakan ruang untuk bersantai miliknya sendiri, di area mana pun yang dianggap dapat mendatangkan rasa rileks.

(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Salah satu fungsi keberadaan rumah adalah untuk tempat beristirahat sang pemiliknya. Maka sudah sepatutnya ruangan-ruangan di dalamnya, didekorasi senyaman dan seindah mungkin, termasuk ruang untuk bersantai.

Pemilik rumah dapat menciptakan ruang untuk bersantai miliknya sendiri, di area mana pun yang dianggap dapat mendatangkan rasa rileks.

Lantas, bagaimana caranya agar dapat memperoleh ruang bersantai yang fungsional dan juga memiliki tampilan interior yang baik? Simak tips berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Baca Juga: Berbagai Inspirasi Dekorasi Ruang Tamu, Mana yang Anda Sukai?

Tentukan sudut ruang untuk bersantai
Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah carilah sudut-sudut ruang di dalam rumah yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang bersantai. Tidak perlu berukuran besar, yang penting
cukup untuk menempatkan meja dan kursi serta menghiasnya dengan pernik dekorasi favorit. Anda juga bisa memanfaatkan ruangan di bawah tangga yang kosong.

Hadirkan mood positif melalui paduan warna
Aplikasi skema warna yang baik dapat menghadirkan mood positif. Oleh karenanya, sejak awal pembuatan ruang bersantai, pilihlah perpaduan warna yang dapat menenangkan, baik untuk furnitur, cat dinding, maupun ornamen dekorasi-nya.

Sebagai contoh, Anda dapat memilih warna-warna natural sejuk dipandang, seperti warna putih cream, biru teduh, hijau telur asin, dan sebagainya.

Baca Juga: Ini Lho Daftar yang Perlu Dihindari Saat Mendekorasi Rumah

Gunakan karpet dan cushion
Untuk mendatangkan rasa nyaman dan rileks, gunakanlah karpet dan beberapa bantal cushion serta bean bag pada ruang bersantai di rumah. Jika luasan ruang masih lapang, Anda dapat memadukannya dengan penggunaan sofa bergaya minimalis modern.

Aplikasikan pencahayaan yang baik
Pencahayaan merupakan elemen interior yang penting dalam menciptakan ruang bersantai. Untuk mendapatkan rasa nyaman, Anda dapat memadukan pencahayaan alami dari sinar matahari dan pencahayaan lampu.

Ketika siang hari, manfaatkanlah pencahayaan natural dan bukaan dari jendela untuk melancarkan sirkulasi udara. Pada malam hari, pencahayaan lampu bisa digunakan untuk menghangatkan suasana.

Baca Juga: 3 Ide untuk Menghadirkan Pencahayaan di Dalam Ruangan

Tanaman hias untuk kesegaran ruangan
Selain nyaman, kesegaran pada area ruang santai juga tentunya harus diperhatikan. Untuk itu, Anda dapat meletakkan tanaman hias pada sudut ruangan. Hadirnya tanaman hias juga dapat menjadi aksen bagi ruangan.

Selain dapat menyejukkan dan membersihkan udara di dalam ruangan, keberadaan tanaman hias ternyata dapat membuat pemiliknya merasa lebih bahagia.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda