Dereten Rumah Paling Angker di Indonesia dengan Kisah Menyeramkan

Di berbagai daerah di Indonesia, banyak terdapat rumah angker yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai tempat hantu dan jin menampakkan rupanya.

Rumah Angker di Indonesia, Villa Isola Bandung
Villa Isola Bandung. (Foto: abouturban)

RumahHokie.com (Jakarta) – Rumah merupakan tempat naungan dan beristirahat dari segala rutinitas harian pemiliknya. Namun, jika lama tak ditinggali dan kotor, tentunya akan berpotensi menjadi rumah angker yang ditinggali oleh hantu.

Di berbagai daerah di Indonesia, banyak terdapat rumah angker yang dipercayai oleh masyarakat sekitar sebagai tempat hantu dan jin menampakkan rupanya.

Tak jarang, bangunan horor tersebut merupakan rumah kuno peninggalan dari zaman kolonial Belanda yang terbengkalai. Berikut ini 5 rumah yang dianggap angker dan memiliki cerita mistis di dalamnya.

1. Villa Isola Bandung

5 Rumah Angker di Indonesia, Villa Isola Bandung
Villa Isola dirancang oleh arsitek C.P. Wolff Schoemaker pada tahun 1933. Bentuk bangunan ini terbilang unik, karena tidak memiliki sudut, pola-pola geometris serta didesain berjenjang selaiknya, bentuk candi. (Foto: erykrina)

Terletak di pinggiran utara kota Bandung, Villa Isola yang memiliki gaya arsitektur art deco ini dianggap angker oleh banyak orang. Diceritakan oleh warga sekitar, sering terlihat orang-orang Eropa berdansa di dalam bangunan yang dahulu milik Dominique Willem Berretty, konglomerat keturunan Jawa-Italia ini.

Selain itu, ada pula penampakan hantu noni Belanda bernama Anna yang diyakini tewas bunuh diri di dalam vila yang dibangun di lahan seluas 1 hektar ini.

2. Rumah Ambulance Bandung

Rumah angker di Indonesia, Rumah Ambulance Bandung
Kisah horor Rumah Ambulance Bandung telah menjadi kisah urban legend di masyarakat. (Foto: pasarbarubandung)

Masih di kawasan Bandung, tepatnya di Jalan Bahureksa No 15, kisah angker bangunan berjuluk rumah ambulance ini telah dikenal luas di masyarakat Tanah Pasundan dan menjadi urban legend.

Baca Juga: Survei: Harga Rumah di Bandung Naik Paling Signifikan

Sebelum dipindahkan, di selasar rumah ini terparkir sebuah mobil ambulance yang ditutup oleh kain. Konon, mobil ambulance tersebut bisa berjalan sendiri tanpa ada yang mengemudikan. Saat ini, rumah tersebut telah menjadi sebuah distro.

3. Rumah Hantu Kupang Surabaya

Rumah Angker di Indonesia, Rumah Hantu Kupang Surabaya
Rumah hantu kupang di Surabaya memiliki gaya arsitektur art deco. (Foto: jatimnow)

Bagi warga Surabaya, cerita seram dari rumah hantu kupang bukanlah hal yang asing lagi. Dahulu pada masa penjajahan, rumah ini digunakan oleh tentara Jepang sebagai tempat penyiksaan warga pribumi.

Baca Juga: Menyibak Fakta Lain di Balik Rumah “Pengabdi Setan”

Beredar cerita, penampakan hantu seorang anak kecil sering kali terlihat di bangunan bergaya art deco ini. Selain itu, tak jarang warga sekitar juga melihat penampakan hantu budak kapal di dalamnya.

4. Rumah Kapal Lampung

Rumah Angker di Indonesia, Rumah Kapal Lampung
Rumah tua di daerah Teluk Betung, Lampung ini juga dikenal angker oleh banyak orang. (Foto: travelyuk)

Rumah tua yang berada di Teluk Betung, Lampung, ini merupakan salah satu bangunan yang dikenal paling menyeramkan di Indonesia. Bangunan dengan sebutan rumah kapal itu, disebut-sebut pernah menjadi lokasi pembunuhan seorang wanita korban pemerkosaan.

Baca Juga: Jauh dari Kesan Horor, Ini Kondisi Rumah Mewah Luna Maya Sang Pemeran Suzzanna

Menurut pengakuan warga sekitar, arwah wanita yang dibunuh itu bergentayangan di rumah kapal. Hal tersebut diperparah dengan ulah orang yang sengaja menaruh sesaji di ruang bawah tanah bangunan itu, sehingga semakin menambah keangkerannya.

5. Rumah Karunrung Makassar

Rumah Karunrung Makassar. (Foto: apakabarnews)

Dikenal oleh warga dengan sebutan rumah karunrung Makassar, bangunan ini pun memiliki cerita menyeramkan. Bangunan ini telah menjadi lokasi pembunuhan di tahun 2003. Sejak saat itu, berdasarkan kisah warga terdapat penampakan Kuntilanak korban pembunuhan yang membawa dua orang anak, sering terlihat di halaman rumah ini.

 

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda