Desainer: Gaya Eklektik Akan Mewarnai Tren Interior Hunian 2019

Konsep eklektik pada interior merupakan penerapan dari berbagai jenis gaya desain, namun tetap menampilkan personal statement yang kuat dari pemilik rumah.

tren interior 2019, gaya eklektik
Gaya eklektik yang diterapkan pada ruang tamu. (Foto: mydomaine)

RumahHokie.com (Jakarta) – Konsep gaya eklektik diprediksi akan kembali menjadi tren yang digemari untuk diterapkan pada interior hunian pada tahun 2019 ini. Gaya rancang tersebut akan kembali dilirik pemilik properti, karena dianggap memiliki nuansa yang kaya.

Desainer interior, Diana Nazir menjelaskan jika membaca tren yang sedang berlangsung saat ini, penggunaan gaya desain industrial agak ditinggalkan dan berganti dengan aplikasi desain ruangan yang mengarah kepada gaya eklektik.

“Orang-orang semakin percaya diri menampilkan gaya yang mereka sukai pada tampilan ruangan di rumah mereka. Jadi, tahun-tahun kedepan (gaya interior) lebih mengarah ke eklektik,” jelas Diana, saat ditemui RumahHokie.com setelah peluncuran Dulux Color of The Year, Rabu (16/01/2019) di Jakarta.

Baca Juga: Tips Menerapkan Gaya Desain Eklektik yang Menarik

Lebih lanjut, wanita yang menjabat sebagai Design Director PT ARTURA Insanindo tersebut, berujar bahwa konsep gaya eklektik merupakan campuran dari berbagai jenis gaya desain, namun tetap menampilkan personal statement dari pemilik rumah.

Diana Nazir mengatakan jika pemilik rumah ingin menerapkan gaya desain tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara.

“Misalkan, dengan meletakkan satu kursi antik atau vintage (di ruang tamu) yang dipadu-padankan dengan penggunaan meja bergaya minimalis dari material stainless steel. Cara itu juga masih bagus kok,” katanya.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Mengisi Tren Interior Rumah di Tahun 2019

Sedangkan untuk bagian arsitektur, ia melihat cenderung tetap akan mengikuti tren pada tahun sebelumnya.

Menurutnya, karena bangunan (arsitektur) pada umumnya dirancang untuk 5 tahun hingga 10 tahun kedepan, tentu aplikasinya tidak akan banyak bergeser. Hal itu tentunya, berbeda dengan aplikasi interior yang bisa diganti setiap beberapa bulan sekali.

Baca Juga: Trend Forecasting Bantu Produsen Interior untuk Diterima Pasar

Sekedar tambahan info, dilansir dari laman Arsitag, gaya desain eklektik mulai muncul pada abad ke-19 dan 20. Gaya ini menekankan pada penggabungan unsur gaya historis dari masa sebelumnya untuk menciptakan sesuatu yang baru dan original.

Dalam penerapannya pada desain interior, elemen-elemen gaya eklektik mencakup furnitur, motif dekorasi, ornamen sejarah, motif budaya tradisional atau gaya dari negara lain.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda