Developer Properti: Penerapan Efisiensi Energi Tak Lagi Bisa Dihindarkan

Dalam diskusi bertemakan efisensi energi, Sinar Mas Land menjelaskan pentingnya pendekatan ramah lingkungan dalam berbagai proyek pembangunan properti.

developer properti, Sinar Mas Land, efisiensi energi
(Foto: dok. Sinar Mas Land)

RumahHokie.com (Tangerang) – Sinar Mas Land menyelenggarakan panel diskusi untuk Masyarakat Konservasi & Efisiensi Energi Indonesia (MASKEEI), Kamis (07/02/2019), di Auditorium BSD Green Office Park (GOP) 9, Tangerang

Dalam diskusi ini, Sinar Mas Land menjelaskan pentingnya pendekatan ramah lingkungan dalam berbagai proyek pembangunan properti.

Ignesjz Kemalawarta, Head of Corporate Governance & Sustainability Sinar Mas Land menjelaskan secara lebih mendalam pada masa lalu, di era 1980-an, sumber daya masih melimpah dan pemanasan global belum menjadi fakta yang menakutkan.

Baca Juga: Sinar Mas Land Pamerkan Dua Produk di “Gerakan Menuju 100 Smart City”

“Tidak ada jalan lain, selain semua pihak berupaya menerapkan efisiensi energi dan air. Semua pihak juga harus menerapkan low carbon development,  sekaligus memperhatikan penggunaaan material yang sesuai kaidah lingkungan dalam penataan sebuah Green Building,” kata Ignesjz.

Lebih lanjut, dirinya juga mengatakan bahwa dengan penerapan efisiensi energi pihak pengelola gedung akan diuntungkan dengan berkurangnya biaya energi.

Tentunya, hal itu akan berdampak menurunkan biaya operasional bangunan dan akan lebih tahan terhadap kenaikan biaya energi di masa datang.

Baca Juga: Sinar Mas Land Buka Techpolitan, Ruang Kreasi Anak Muda di Bidang Teknologi Digital

Ignesjz mencontohkan, pendekatan ramah lingkungan terlihat di salah satu proyek Sinar Mas yang ada di gedung BSD GOP 9. Dijelaskan oleh dirinya, developer menggunakan pendekatan passive effort dalam pembangunan gedung tersebut, untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan.

“Kami menggunakan facade skin yang melindungi kaca sekaligus berfungsi sebagai elemen dekoratif. Bangunan itu juga dirancang single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation dan dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban energi pada pencahayaan,” ujarnya.

Baca Juga: Sinar Mas Land Buka Pusat Kuliner dengan Sentuhan Modern di Grand Wisata Bekasi

Sedangkan khusus untuk pendekatan Active efffort, mereka menerapkan peralatan yang efisiensinya di atas standar SNI, baik AC, penerangan, fixture air dan menggunakan water recycling untuk mengurangi penggunaan air.

Proyek BSD GOP 9 ini dikembangkan di dalam kawasan Green Office Park BSD City. Dalam kawasan tersebut terdapat sembilan gedung perkantoran dan The Breeze.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda