Dinding dan Plafon Rumah Ditumbuhi Jamur? Ini Dia Cara Mengatasinya

Jamur dapat berkembang biak dan tumbuh subur di ruang manapun yang terdapat kelembapan. Contohnya, pada bagian dinding kamar mandi ataupun dapur.

Dinding dan Plafon Rumah Ditumbuhi Jamur? Ini Dia Cara Mengatasinya
(Foto: shutterstock)

RumahHokie.com (Jakarta) – Curah hujan yang tinggi membuat udara di dalam ruangan rumah menjadi semakin lembap. Apalagi jika terdapat bagian atap rumah yang bocor. Hal ini tentunya dapat menjadi pemicu bagi tumbuhnya jamur di dinding dan plafon.

Jamur dapat berkembang biak dan tumbuh subur di ruang manapun yang terdapat kelembapan. Contohnya, pada bagian dinding kamar mandi ataupun dapur.

Kehadiran jamur yang menempel di dinding dan plafon tentu akan merusak keindahan interior rumah. Selain itu, jika dibiarkan begitu saja, berpotensi akan menganggu kesehatan para penghuni rumah.

Baca Juga: Atap Rumah Ditumbuhi Jamur? Begini 3 Cara Membersihkannya

Oleh karena itu, apabila Hokie People telah mendapati dinding rumah dan plafon ditumbuhi jamur, segeralah untuk menghilangkannya.

Berikut ini cara menghilangkan dengan mudah gangguan jamur yang menempel pada bagian dinding dan plafon.

Bersihkan dengan cairan pemutih
Salah satu cara untuk menghilangkan jamur adalah dengan membersihkannya menggunakan cairan pemutih yang banyak beredar di pasaran.

Baca Juga: Kaca Kamar Mandi Tertutup Jamur? Berikut Ini Cara Membersihkannya

Dengan membersihkannya menggunakan cairan pembersih, juga akan membasmi kuman dan bakteri menempel di dinding.

Caranya:

1. Campur satu takaran pemutih dengan tiga takaran air.
2. Semprotkan pada bagian dinding ruangan yang terdapat jamur
3. Gosok area yang berjamur menggunakan sikat dan sedikit pembersih.
4. Lalu, cuci keseluruhan area dan lap hingga permukaan dinding mengering.

Ganti cat dinding
Jika cara yang pertama tidak berhasil hilangkan jamur, gantilah cat dinding dengan yang baru. Hokie People bisa memilih cat yang memiliki fitur anti jamur dan anti bakteri, sehingga gangguan tersebut tak muncul kembali pada bagian dinding rumah dan plafon.

Baca Juga: Waspada Saat Musim Hujan, Ini Tips Mengatasi Kebocoran Atap Rumah

Apabila terdapat kerusakan atau kebocoran pada bagian atap rumah sehingga dinding dan plafon terdapat rembesan air yang memicu tumbuhnya jamur, maka segeralah perbaiki terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk mengecat ulang ruangan.

Pencegahan merupakan solusi terbaik
Cara terbaik untuk mengatasi masalah jamur sebenarnya adalah dengan tindakan pencegahan. Berikanlah sirkulasi udara yang baik pada setiap ruangan. Contohnya, dengan membuka jendela yang ada di dapur secara rutin.

Pada area kamar mandi, kelembapan bisa dihilangkan dengan cara menghidupkan exhaust fan selama setengah jam setelah mandi.

Selamat mencoba ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda