Diubah Tampilannya, Gedung Bank Tua Ini Jadi Perpustakaan yang Keren

Visi dari pembangunan proyek adaptif ini adalah mengubah gedung tua bekas bank menjadi perpustakaan Newbern yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Bagian fasad yang dilapisi oleh batu bata putih, sengaja dipertahankan agar tidak menghilangkan nilai cerita sejarah dari bangunan tersebut. (Foto: Inhabitat)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebuah bangunan bersejarah di kota kecil Alabama, Amerika Serikat, yang dahulu difungsikan sebagai kantor bank, kini telah ‘terlahir’ kembali menjadi ruang perpustakaan kota bernuansa elegan.

Visi dari pembangunan proyek adaptif ini adalah mengubah gedung bekas bank menjadi perpustakaan kota yang menyediakan pendidikan setelah sekolah, akses komputer, dan Internet publik pertama di masyarakat.

Baca Juga: Biar Koleksi Buku Tersimpan Baik, Yuk Adopsi Perpustakaan Mini

Terletak di pusat kota Newbern, Alabama, gedung bekas kantor bank ini sengaja disumbangkan oleh masyarakat setempat. Mereka menginginkan bangunan tersebut berubah menjadi perpustakaan yang berguna bagi banyak orang.

Pembangunan fungsi gedung tersebut, ‘dibidani’ oleh Rural Studio, sekelompok mahasiswa program Desain Masyarakat dari Universitas Auburn.

Untuk menghadirkan suasana interior kontemporer yang elegan, biro arsitek Rural Studio, banyak memakai material alami kayu pinus tua yang diaplikasikan pada berbagai sisi. Hal itu membuat nuansa ruangan perpustakaan yang nyaman dan ‘hangat’. (Foto: Inhabitat)

Dilansir dari Inhabitat, mereka mempertahankan sebagian besar elemen arsitektur bersejarah dengan menggunakan teknologi konstruksi modern, seperti teknik Computer Numerical Control (CNC), untuk menciptakan interior bergaya kontemporer yang kekinian.

Dalam rancangannya, Rural Studio membuat bangunan yang penuh dengan berbagai filosofi.
Biro arsitek itu menyediakan desain yang mengakomodir kebutuhan untuk berbagai elemen masyarakat, baik itu orang kaya maupun bagi warga miskin.

Baca Juga: Hadirkan Empat Hal ini, Niscaya Ruang Baca Anda Menjadi Nyaman

Sekelompok mahasiswa Jurusan Arsitektur itu mengganti tampilan interior lama dan memperluas tapak dari bangunan.

Walaupun hampir seluruhnya diubah, mereka tetap mempertahankan bagian area eksterior fasad bangunan lama yang dilapisi oleh batu bata putih mengkilap. Hal itu dilakukan demi  menjaga konteks historis bangunan tersebut.

Sedangkan, pada bagian interior ruangan perpustakaan ini didominasi oleh penggunaan material kayu pinus yang melapisi bagian lantai, dinding dan sisi ceiling. Selain itu, mereka juga menggunakan kayu yang terbuat dari pohon birch yang dipakai sebagai rak buku.

Proyek perpustakaan sosial dengan nama New Bern Library ini selesai digarap pada tahun 2013 lalu dan mampu memberikan sebuah landmark baru pada kota kecil tersebut.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda