Dukung Program Sejuta Rumah, Tatalogam Rilis Rumah Instan Domus

Domus mengunakan kolom, rangka, kaso, dan atap metal. Rumah permanen instan tipe 21 bisa dibangun hanya dalam lima hari dengan empat orang pekerja.

Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta)PT Tatalogam Lestari, Produsen genteng metal dan rangka baja ringan Tanah Air menyatakan dukungan terhadap percepatan Program Sejuta Rumah yang dicanangkan Pemerintah.

Stephanus Koeswandi, Vice President Director PT Tatalogam Lestari mengungkapkan, untuk memenuhi permintaan pasar genteng metal yang terus meningkat, PT Tatalogam Lestari terus menambah kapasitas produksi.

“Selama 2016, produksi genteng metal mencapai 55 juta lembar dan 30 juta batang kaso metal merek Taso, yang digunakan untuk membangun 550.000 unit rumah tinggal, gedung sekolah dan pemerintahan, serta fasilitas umum seperti Puskesmas, tempat ibadah, dan lain-lain,” kata Stephanus Koeswandi kepada awak media, Kamis (23/2/2017).

Dia mengimbuhkan, sebanyak 60% dari total produksi PT Tatalogam Lestari tersebut diserap untuk memenuhi kebutuhan bangunan rumah bagi perumahan rakyat, sesuai dengan Program Sejuta Rumah yang dibesut pemerintah.

Produk PT Tatalogam Lestari yang diperuntukkan bagi perumahan MBR (masyarakat berpenghasilan rendah) adalah genteng metal dengan merek Sakura Roof.

Produk dengan ketebalan 0,2 BMT yang diberi bahan pelapis (coating) ini, jelas Stephanus, tahan terhadap beban, benturan, karat, lumut, maupun jamur. Dia menjamin dalam tujuh hingga sepuluh tahun, warna coating tak akan berubah.

“Jenis produk ini memang sesuai dengan daya beli mayoritas masyarakat Indonesia karena harganya yang ekonomis, namun tetap mempertahankan kualitas produk yang prima,” tuturnya.

rumah permanen instan 3 - domus - tatalogam lestari - rumahhokie - dok
Rumah Instan Domus (Foto: Dok. Tatalogam Lestari)

Domus, Rumah Permanen Instan
Untuk membantu percepatan Program Sejuta Rumah, PT Tatalogam Lestari sejak 2016 mengembangkan rumah permanen instan dengan brand Domus.

“Dengan teknologi Domus, rumah tipe 21 bisa dibangun hanya dalam lima hari dengan empat orang pekerja,” kata Stephanus.

Rumah instan ini mengunakan kolom, rangka, kaso, dan atap metal. Sementara itu, bahan baku juga digunakan seefisien mungkin, sehingga tak ada material yang terbuang. Inilah yang membuat harga rumah instan Domus bisa ditekan.

“Untuk tipe 21, harga yang kami tawarkan mulai Rp19 juta (rumah tanpa finishing) hingga Rp44 juta (untuk rumah yang telah di-finishing),” kata Stephanus. “Harga ini tidak termasuk harga tanah, pondasi, dan septic tank.”

Selain tipe kecil, Tatalogam Lestari juga merilis Domus Kuadrat, yakni rumah permanen instan dua lantai dengan luas bangunan 90 m2.

“Harga rumah hingga finishing—konsumen tinggal menghuni saja—berkisar Rp3,5 juta per meter persegi,” kata Stephanus yang menjelaskan ukuran rumah Domus bisa dipesan sesuai kebutuhan.

Tahun ini, Tatalogam Lestari menargetkan pembangunan 10.000 unit rumah instan Domus.

“Saat ini telah ada pesanan sebanyak 3.500 unit rumah instan di Yogyakarta dan 200 unit rumah di Sukabumi,” ujarnya.

Raih Top Brand 2017
Tahun ini, PT Tatalogam Lestari kembali meraih penghargaan Top Brand untuk keenam kalinya. Produk Multi Roof dan Sakura Roof memenangi kategori genteng metal, sementara Taso memenangi kategori rangka atap baja ringan.

Berdiri sejak 1994, PT Tatalogam Lestari memiliki beberapa varian produk, seperti genteng metal Multi Roof, Sakura Roof, Suryaroof, Multi Sirap, Fancy Roof, dan Sakura MX; kaso metal Taso, kolom metal Praktis, rangka metal Purlin, dan rumah instan Domus.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda