E-Commerce Berikan Angin Positif Terhadap Pergudangan Modern

Tren bisnis e-commerce yang melaju pesat berdampak positif kepada permintaan sewa ruang di sektor pergudangan modern dan kian diminati oleh berbagai pelaku bisnis digital.

Sektor E Commerce-Pergudangan Modern-RumahHokie.com-demandstudios
Ilustrasi Gudang (Foto: demandstudios/getty)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pesatnya perkembangan industri bisnis online (e-commerce) tak hanyak berdampak pada kebiasaan masyarakat dalam berbelanja, namun juga membawa angin positif terhadap sektor pergudangan modern di sejumlah wilayah.

Permintaan sewa ruang di sektor pergudangan modern menjadi kian diminati oleh berbagai pelaku bisnis e-commerce dan juga pelaku bisnis konvensional.

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh konsultan properti internasional Jones Lang LaSalle (JLL) Indonesia, saat ini kurang lebih terdapat 1,3 juta meter persegi gudang modern yang berada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Baca Juga: Sektor e-Commerce dan Logistik Angkat Kinerja Properti Komersial

Jumlah pasokan pergudangan modern tersebut diperkirakan akan terus bertambah sebesar 500.000 meter persegi hingga tahun 2021 mendatang.

Sebanyak 60% dari jumlah pasokan pergudangan modern itu berlokasi di kawasan industri dan 85% terkonsentrasi pada daerah di sebelah timur Jakarta.

Hasil riset yang dilakukan oleh JLL Indonesia juga memperlihatkan bahwa dua pertiga pergudangan modern yang ada di Jabodetabek dibangun sesuai kebutuhan penyewa-nya.

“Di tahun 2017, sektor pergudangan modern merupakan lini yang cukup diminati baik oleh investor maupun pasar, khususnya penyedia jasa logistik, FMCG dan e-commerce,” jelas James Taylor, Head of Research JLL Indonesia, dalam pemaparannya di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (07/02/2018).

Baca Juga: Usung Budaya Indonesia, Desain Kantor E-commerce Ini Tampil Atraktif!

Taylor kembali melanjutkan, karena sebagian besar pergudangan dibangun atas dasar kebutuhan penyewa, maka tingkat huniannya sangat baik dan cenderung stabil.

Ia menerangkan tingkat permintaan tertinggi berasal dari jasa logistik. “Untuk pasokan pergudangan modern baru pada periode kuartal IV-2017 adalah PT Mitsubishi Logistics Indonesia, seluas 18.000 meter persegi di kawasan MM2100 Bekasi,” kata Taylor.

Adapun, Vivin Harsanto, Head of Advisory JLL Indonesia mengatakan pertumbuhan ekonomi (PDB) merupakan salah satu faktor yang amat mempengaruhi bisnis properti, termasuk permintaan sewa ruang pergudangan modern.

“Dengan pertumbuhan ekonomi di atas 5% pada tahun ini dan diharapkan dapat terus meningkat di tahun-tahun mendatang serta didukung pula oleh pembangunan infrastruktur, harus dimanfaatkan para pengembang properti dalam membaca permintaan pasar dan peluang,” ujarnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda