Gandeng Bank BRI dan IBM, BSD City Selenggarakan “Hackathon”

Hackathon merupakan ajang lomba digital bagi komunitas pengembang teknologi untuk menampilkan berbagai inovasi dan aplikasi yang berkualitas dan bermanfaat.

hackathon-bsd-city-sinar-mas-land-bank-bri-ibm-rumahhokie-dok

RumahHokie.com (Jakarta) – Menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) serta IBM, Sinar Mas Land melalui BSD City menggelar “Hackathon” di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, 30 September – 1 Oktober 2016.

Hackathon merupakan ajang lomba digital bagi komunitas pengembang teknologi untuk menampilkan berbagai inovasi serta menciptakan aplikasi yang berkualitas dan bermanfaat. Aplikasi tersebut nantinya dapat dikembangkan baik menjadi bisnis baru atau digunakan untuk meningkatkan bisnis yang telah eksis.

Baca: Gandeng Sinar Mas Land, BRI Properti Expo Dihelat

Irvan Yasni, Chief Technology Officer Sinar Mas Land mengungkapkan, Hackathon merupakan ajang yang tepat dalam mengembangkan inovasi dan terobosan baru khususnya di bidang teknologi.

“Dengan berkumpulnya para komunitas pecinta teknologi, maka bisa saling bertukar ide dan pikiran dalam menciptakan suatu aplikasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat, mengingat saat ini teknologi menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat di berbagai belahan dunia,” kata Irvan.

Hackathon (gabungan dari kata “Hack” dan “Marathon”) merupakan pekan retas yang mengumpulkan para pengembang teknologi dari berbagai kalangan seperti perusahaan start-up, pengembang, pelajar, maupun pecinta teknologi baik lokal maupun regional.

Hackathon dimeriahkan oleh kelompok-kelompok partisipan yang beranggotakan 3 – 4 orang.

Baca: BSD City Gelar National Gathering Komunitas AutoCAD Indonesia

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BRI, Hari Siaga Amijarso menuturkan, fenomena yang terjadi saat ini adalah banyak hal-hal kecil yang dapat dioptimalkan menggunakan teknologi seperti proses berjalannya usaha kecil, urusan pembayaran yang menggunakan sistem cashless yang kini bisa dirasakan hingga ke pelosok dan berbagai hal lainnya yang bisa dimaksimalkan dengan penggunaan teknologi yang tepat.

“Melihat saat ini semakin banyak yang paham akan teknologi, Bank BRI ingin memanfaatkan BRI Digital Challenge ini untuk mendongkrak kreativitas guna meningkatkan produktivitas, efiesiensi, sekaligus kualitas hidup masyarakat dengan menciptakan aplikasi yang bermanfaat,” kata Hari.

Integrated Smart Digital City
Irvan menjelaskan, saat ini BSD City sedang berkembang menuju integrated smart digital city yang dilengkapi infrastruktur teknologi, penyediaan aplikasi mobile yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat di wilayah BSD City, seperti e-wallet, community platform, loyalty programs, dan business performance management solutions.

Untuk fase pertama, BSD City membuat beberapa mobile apps yang bersifat standar, yang ditujukan untuk membantu penghuni BSD City, seperti surveillance camera. Di tahun ini, kami menargetkan untuk menghadirkan aplikasi yang bersifat standar, seperti pembayaran bill atau pembelian tiket,” pungkasnya.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda