Gandeng KONE, Pollux Habibie Hadirkan Lift Canggih di Meisterstadt Batam

KONE menggunakan teknologi artificial intelligent untuk memonitor performa elevator dan eskalator serta memprediksi kebutuhan perbaikan sebelum terjadi kerusakan.

pollux-habibie-barelang-meisterstadt-batam-kone-lift-elevator-eskalator-anto-erawan-rumahhokie-dok
Dengan nilai kontrak Rp238 miliar, KONE akan menghadirkan elevator dan eskalator berkualitas tinggi di proyek Meisterstadt Batam. (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com  (Jakarta) – PT Pollux Barelang Megasuperblok—pengembang megasuperblok Meisterstadt Batam—melakukan penandatanganan kontrak dengan KONE, produsen elevator dan eskalator asal Finlandia, Senin (25/2/2019).

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Yandy Januar, Managing Director KONE Indonesia dan Nico Po, CEO PT Pollux Properti Indonesia Tbk, dengan disaksikan oleh Ilham Akbar Habibie, Honorary Chairman Pollux Habibie Internasional.

Baca Juga: Kucurkan KPA di Proyek Meisterstadt Batam, Pollux Gandeng Bank BNI

Dengan nilai kontrak Rp238 miliar, KONE akan menghadirkan elevator dan eskalator berkualitas tinggi di proyek Meisterstadt Batam, meliputi delapan tower residensial dan pusat perbelanjaan.

PT Pollux Barelang Megasuperblok sendiri merupakan perusahaan kolaborasi antara PT Pollux Properti Indonesia, Tbk. dengan keluarga besar mantan Presiden RI, BJ Habibie—yang juga dikenal dengan nama Pollux Habibie International.

Wujudkan Visi BJ Habibie
Nico Po, CEO PT Pollux Properti Indonesia Tbk. menuturkan, Pollux Properti Indonesia merupakan salah satu pengembang yang cukup selektif dalam pemilihan mitra kerja, termasuk dalam memilih material berkualitas yang digunakan pada seluruh proyek yang dikembangkan Pollux Properti Indonesia.

“KONE merupakan pilihan tepat dan terbaik bagi pengembangan Meisterstadt sebagai proyek multifungsi premium di Batam, dan mereka konsisten untuk mendukung seluruh proyek ini,” jelas Nico Po.

Baca Juga: Sesuai Jadwal, Apartemen Meisterstadt Batam Masuki Tahap Topping Off

Sementara itu, Honorary Chairman Pollux Habibie International, Ilham Akbar Habibie mengatakan, signing ceremony ini merupakan satu dari sekian banyak rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam pengembangan Meisterstadt Batam yang digadang memiliki konsep pembangunan terbaik.

“Meisterstadt dirancang oleh tim arsitek yang telah memenangi berbagai penghargaan untuk mewujudkan visi dari Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie tentang kualitas hidup yang berkelanjutan dan desain fasilitas masa depan. Wajar jika kami bermitra dengan KONE yang memiliki solusi teknologi canggih yang hemat ruang dan energi,” jelas Ilham Akbar Habibie.

Tower C1 - meisterstadt batam - pollux habibie - rumahhokie - dokGunakan Teknologi Artificial Intelligent
Di sisi lain, Managing Director KONE Indonesia, Yandy Januar menuturkan, sejak berdiri pada 1910 silam, KONE memiliki banyak pengalaman dalam mendukung pembangunan gedung yang menjadi landmark di kota-kota besar dunia.

“KONE akan menghadirkan pengalaman vertical transportation yang nyaman dan aman bagi seluruh penghuni dan tenant Meisterstadt Batam. Pada fase pertama, kami akan menyediakan solusi untuk empat gedung residensial dan pusat perbelanjaan. Sementara pengembangan berikutnya akan mencakup gedung kantor, hotel, rumah sakit, dan empat gedung residensial,” ungkap Yandi Januar.

Baca Juga: Pollux Investasi Internasional (POLI) Resmi Catatkan Sahamnya di BEI

Dalam fase pertama ini, KONE akan memasang 20 elevator high-rise KONE SMiniSpace (TM) yang melaju pada kecepatan maksimum 180 meter per menit, empat elevator tanpa ruang mesin KONE SMonoSpace®, dan 14 unit Eskalator KONE TravelMaster™ 110 yang dioptimalkan untuk area ritel.

“Kami merasa bangga bisa bekerjasama dengan Pollux Habibie International pada proyek di Batam ini,” kata Yandy.

Baca Juga: Bangun Gangnam District, Pollux Properti Tunjuk Kontraktor China, CNQC

Pada kesempatan yang sama, Service Director KONE Indonesia, Bonny Agung Cahyono menjelaskan, KONE terus menghadirkan inovasi teknologi pintar dan ramah lingkungan yang menjadi pioneer di industri. Berbagai inovasi KONE, seperti 24/7 Connected Services yang menggunakan teknologi artificial intelligent untuk memonitor performa elevator dan eskalator serta memprediksi kebutuhan perbaikan sebelum terjadi kerusakan.

“Teknologi ini mengutilisasi sistem cloud, sehingga setiap unit lift dan eskalator terhubung dengan cloud. Dengan demikian, masalah yang terjadi pada lift bisa diketahui lebih awal,” kata Bonny.

Baca Juga: Bidik Pengunjung Milenial, Tenant Chadstone Mall Cikarang Beroperasi Bersama April 2019

Dia meyakini sistem cloud ini tak akan mengalami masalah, karena KONE bekerjasama dengan perusahaan yang mumpuni di bidangnya, seperti Vodafone, IBM, dan di Indonesia bekerjasama dengan Telkomsel.

Selain itu, imbuhnya, pihaknya juga memiliki inovasi KONE UltraRope™, teknologi pengangkat elevator dengan carbon fiber yang memungkinkan pembangunan gedung jauh lebih tinggi dari sebelumnya.

“Salah satu gedung yang menggunakan teknologi ini adalah Jeddah Tower, calon gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian lebih dari satu kilometer. Teknologi pengangkat elevator ini jauh lebih ringan daripada tali baja konvensional dan memungkinkan perjalanan elevator hingga ketinggian 1.000 meter,” katanya.

Gedung Perkantoran Tertinggi di Indonesia
Megasuperblok Meisterstadt dikembangkan di atas lahan seluas 9 hektar yang akan merangkum 11 gedung yang terdiri atas delapan menara apartemen (total 6.500 unit), hotel, rumah sakit internasional, mal, pertokoan, serta perkantoran dengan rencana ketinggian 100 lantai—yang digadang sebagai gedung perkantoran tertinggi di Indonesia.

Tak kurang, sebesar Rp11 triliun dana investasi yang dipersiapkan Perseroan untuk mengembangkan proyek terbesar di Batam tersebut.

Baca Juga: Pollux Segera Rilis Tower Apartemen Keempat di Meisterstadt Batam: Elan

Penjualan Meisterstadt dilakukan dalam empat fase. Pada fase pertama dipasarkan tiga menara apartemen (A1, A2, dan A3) sebanyak 1.575 unit dan 113 unit ruko dengan harga mulai dari Rp3 miliar serta mal.

Ada tiga tipe unit apartemen yang ditawarkan, yakni one bedroom (24,82 m2), one bedroom plus (42,51 m2), dan two bedroom (51,59 m2) dengan harga mulai Rp400 juta – Rp1,1 miliar.

Dua tower pertama (A1 dan A2) berhasil terjual 100%, sementara tower ketiga (A3), penjualannya sudah mencapai 70%.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda