Gelaran IFEX 2019 Diprediksi Dorong Nilai Ekspor Industri Mebel Tanah Air

HIMK mencatat nilai ekspor produk furnitur pada kuartal I-2018, meningkat sebesar 3% apabila dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Pameran IFEX 2019, JI Expo Kemayoran
(Foto: Dok. IFEX 2019)

RumahHokie.com (Jakarta) – Gelaran Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2019 diprediksi akan mendorong nilai ekspor industri mebel dan kerajinan di Tanah Air pada tahun depan.

Pameran IFEX 2019 yang diselenggarakan oleh Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bersama dengan Dyandra Promosindo ini membidik kalangan business to business (B2B) dari mancanegara untuk melakukan transaksi produk-produk furnitur.

“IFEX telah terbukti menjadi salah satu pameran yang efektif menggaet pengunjung dan buyers yang datang dari luar negeri,” ujar Ketua Umum HIMKI, Ir. Soenoto seperti dilansir dari siaran pers, Juma’at (28/12/2018).

Baca Juga: Trend Forecasting Bantu Produsen Interior untuk Diterima Pasar

Ia menjelaskan pada gelaran pameran sebelumnya, IFEX berhasil mendorong pertumbuhan industri mebel dan kerajinan tanah air.

Banyak pembeli berasal dari luar negeri yang hadir pada pameran IFEX 2018 lalu ikut meningkatkan permintaan akan produk furnitur dan kerajinan untuk pasar global.

“Kami mencatat nilai ekspor mebel pada kuartal I-2018, meningkat sebesar 3% dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. Amerika Serikat masih menjadi tujuan utama ekspor produk furnitur Indonesia, selain Eropa dan negara Asia lainnya,” kata Soenoto.

Menurutnya, peningkatan ekspor tersebut bisa tercapai karena keunikan desain yang didukung oleh nilai budaya lokal menjadi nilai jual tinggi bagi produk mebel dan kerajinan Indonesia di pasar internasional.

Baca Juga: Bermaterialkan Kayu Solid, Kursi Ini Mengikuti Lekuk Badan Penggunanya

Untuk penyelenggaraan IFEX 2019 mendatang, pihak panita menargetkan jumlah pembeli lokal maupun mancanegara, dapat mencapai 12 ribu buyers.

Soenoto menerangkan untuk penyelenggaraan pameran di tahun mendatang, akan diikuti lebih dari 500 peserta yang datang dari dalam maupun luar negeri. Para peserta akan menggunakan seluruh hall yang ada di kawasan JIExpo Kemayoran, Jakarta, dengan total keseluruhan area pameran sebesar 60.000 m².

Sebagai bagian dari sosialisasi menuju IFEX 2019, HIMKI melakukan roadshow ke beberapa
kota yang dikenal sebagai sentra industri mebel dan kerajinan di Tanah Air.

Baca Juga: Nestudio: Pentingnya Adaptasi Zaman dalam Industri Furnitur

Roadshow sosialisasi IFEX 2019 telah dilakukan di Bali, Cirebon, Jepara, Semarang, Solo, dan Yogyakarta. “Kegiatan roadshow ini merupakan upaya aktif kami untuk mengajak para pelaku industri furnitur dan kerajinan Indonesia menunjukkan tren perkembangan bidang ini,” pungkas Soenoto.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda