Harga Hunian di Australia Diprediksi Meningkat Satu Digit Tahun Ini

Di samping pertumbuhan ekonomi yang tetap terjaga selama 28 tahun, sejumlah faktor diprediksi bakal membuat harga apartemen di Australia meningkat dan layak dijadikan investasi jangka panjang.

crown group - apartemen - sydney - opera house - red bus - rumahhokie - anto erawan - dok2
Opera House, Sydney (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pasar properti di Australia diprediksi mengalami pertumbuhan di 2019. Harga properti di Negeri Kanguru tahun ini diperkirakan akan bertumbuh, karena didukung fundamental ekonomi yang kuat serta minimnya pasokan hunian baru dan sektor pendanaan bagi pengembang.

Iwan Sunito, Komisaris dan CEO Crown Group—pengembang properti yang berbasis di Sydney, Australia—meyakini, kepercayaan investor dan end-use properti hunian di Australia akan kembali tumbuh di 2019 lantaran faktor ekonomi yang masih kuat.

Baca Juga: Dua Kota di Australia Ini Makin Menarik Orang Super Kaya Dunia

“Tahun ini kita akan melihat bangkitnya kepercayaan terhadap pasar properti  Australia,” katanya dalam siaran pers yang diterima RumahHokie.com, Rabu (6/2/2019).

Menurutnya, semua hal fundamental yang dibutuhkan untuk menopang pertumbuhan dimiliki Australia. Pertama, ekonomi yang kuat dimana pertumbuhan ekonomi konsisten selama 28 tahun dengan rata-rata 3% per tahun.

Baca Juga: Keamanan Investasi Properti dan Kasus Meikarta di Mata Pengembang Australia

Di sisi lain, daya beli di Australia masih sangat kuat yang ditunjang pertumbuhan lapangan pekerjaan yang cukup baik. Tingkat pengangguran berada pada tingkat terendah dalam sejarah, yakni 5%. Sementara, kenaikan pendapatan pun cukup signifikan untuk mengimbangi pertumbuhan ekonomi yang konsisten selama hampir tiga dekade.

“Hal ini akan meningkatkan daya beli yang lebih besar. Suku bunga berada pada level terendah yang pernah ada, dengan Reserve Bank yang menetapkan suku bunga sebesar 1,5% pada bulan Februari 2019 dan inflasi tetap rendah dan stabil pada kisaran 1,8 %,” tutur Iwan Sunito.

Harga Apartemen Merayap Naik
Lebih lanjut, Iwan mengatakan, selama 22 tahun mengembangkan proyek-proyek hunian apartemen kelas atas di Sydney, Crown Group telah menyaksikan biaya pengembangan proyek yang meningkat dari tahun ke tahun dan belum ada tanda akan turun.

Dia memaparkan, biaya pinjaman untuk pengembang naik, demikian pula dengan harga bahan bangunan meningkat. Sementara, waktu untuk mengerjakan proyek lebih lambat, sehingga diperlukan waktu lebih lama untuk memenuhi permintaan presales yang dibutuhkan bank.

Baca Juga: Mau Beternak Properti di Australia, Simak Resep Berikut ini

“Semua itu mendongkrak total biaya dan tentu akan menyebabkan harga hunian terus merangkak naik,” ujarnya.

Di lain pihak, keterbatasan lahan di kota-kota utama Australia juga dinilai membuat jumlah pasokan makin terbatas. Hal ini yang membuat Iwan yakin harga apartemen di Aussie bakal terus naik di 2019, kendati dengan pertumbuhan hanya satu digit.

Baca Juga: Selain Eropa, Properti di Sydney juga Diminati Pasar Asia

Dia mengatakan, dengan memilih lokasi dan proyek yang baik, setiap saat adalah waktu yang tepat untuk membeli properti.

“Orang-orang selalu bertanya kepada saya, ‘kapan waktu terbaik untuk membeli?’ Jawabannya selalu sama: 20 tahun yang lalu. Pelajarannya adalah Anda tidak akan pernah bisa memilih waktu yang salah untuk membeli, jika Anda memilih di lokasi yang tepat dan membeli untuk masa depan. Alasannya, Anda tidak pernah bisa mengganti apa yang dapat Anda bangun hari ini dengan harga yang sama, biaya membangun sesuatu yang baru akan selalu naik,” urai Iwan

Investasi Jangka Panjang
Sementara itu, Herman Suwito, Head of Major Project Sales Crown Indonesia mengatakan, Australia adalah negara yang memiliki ekonomi yang stabil. Dan bagi investor, kondisi saat ini merupakan peluang untuk melakukan investasi yang akan berbuah dalam jangka panjang.

“Melihat kondisi ekonomi Australia yang relatif stabil dan kemampuan daya belinya, kita akan melihat pasar properti Australia tumbuh pada tahun 2019,” jelas Herman Suwito.

Baca Juga: Tahun Ini Crown Group Bangun Empat Proyek di Tiga Negara

Dia menuturkan, saat ini Crown Group tengah merampungkan empat proyek apartemen di Sydney, yakni Infinity by Crown Group, Waterfall by Crown Group, Eastlakes Live by Crown Group, dan Mastery by Crown Group.

“Pada tahun 2019 ini, Crown Group akan mulai mengembangkan beberapa proyek terbaru di Brisbane, Melbourne, Los Angeles, dan Jakarta,” pungkasnya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda