Hindari Kesalahan Ini, Jika Ingin Interior Hunian Anda Tampil Menarik

Kesalahan dalam menata dan mengelola ruang dalam, berdampak pada tertutupnya keindahan gaya interior hunian yang telah anda rancang.

Peletakan tanaman atau bunga di ruang tamu bisa menjadi aksen yang menyegarkan suasan. (Foto: www.pinterest.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Memiliki hunian dengan tampilan interior yang menarik dan nyaman, merupakan dambaan banyak orang. Perlu perencanaan yang matang dalam mendesain setiap ruangan, agar sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan sang pemilik rumah.

Anda bebas mengaplikasikan desain ruangan bernada klasik, modern ataupun tampilan dengan nuansa yang kontemporer, selama anda menyukainya. Namun, agar pilihan gaya interior hunian anda tampil selalu indah dan nyaman, hindari kesalahan berikut ini :

Pencahayaan yang buruk

Pencahayaan memiliki peranan penting dalam menghadirkan ambience ruangan. (Foto: The Broadway)

Rumah yang baik tercipta dari pencahayaan yang baik pula. Elemen pencahayaan memiliki peran penting dalam menciptakan suasana pembawaan (ambiance) dalam sebuah ruang. Nuasa nyaman dapat dibangun melalui pencahayaan yang baik.

Baca Juga: Elemen Struktur Bangunan Ini Bisa Bikin Cantik Tampilan Interior

Jika aktivititas yang dilakukan membutuhkan tingkat konsentrasi, maka warna lampu yang sesuai adalah warna biru yang biasanya terdapat pada lampu jenis LED. Namun, apabila anda menginginkan suasana yang hangat dan nyaman, pilihlah warna pencahayaan lampu kuning atau cokelat.

Dengan menerapkan pencahayaan yang baik, aktivitas di dalam rumah bisa dilakukan secara nyaman dan maksimal. Pemilik hunian bisa pula menggabungkan pencahayaan buatan (lampu) dengan pencahayaan alami (sinar matahari), sehingga mengurangi konsumsi energi listrik rumah tangga.

Jendela dibiarkan kotor

Pencahayaan alami dari sinar matahari yang cukup, akan memberikan kesan rumah yang sehat dan tidak lembap.(Foto: www.quickleads.co.za)

Kesibukan rutinitas pekerjaan sehari-hari terkadang membuat pemilik rumah tak sempat untuk membersihkan rumah, termasuk bagian jendela. Kondisi kotor pada area kaca jendela, akan membuat tampilan interior tak maksimal dan membuat tamu yang datang menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan kaca jendela secara rutin.

Baca Juga: Seni Mural, Jadikan Bangunan Tampak Indah dan Unik

Kamar tidur yang berantakan

Kamar tidur yang terjaga kerapihan dan kerbersihannya, dapat mendatangkan rasa nyaman pada waktu beristirahat anda. (Foto: www.pinterest.com)

Sebagai salah satu ruangan privasi bagi sang pemilik hunian, penampilan kamar tidur wajib didesain secara maksimal. Namun, jika kamar tidur kotor dan berantakan akan menganggu kenyamanan serta keindahan tampilan interior rumah.

Pemilik rumah harus rajin merapihkan ranjang dan bagian lain di kamar tidur. Anda bisa meletakan bantal  berdasarkan ukuran dan warnanya, sehingga kamar tidur tampil cantik.

Baca Juga: Seni Mural, Jadikan Bangunan Tampak Indah dan Unik

Tak ada tanaman

Penampilan arsitektur maupun interior rumah sebagus apapun, rasanya akan kurang jika tidak terdapat tanaman. Selain sebagai penyerap udara kotor, kehadiran tanaman hijau bisa menjadi elemen dekoratif yang menyegarkan.

Meletakan tanaman hias atau bunga yang ditempatkan pada wadah pot pada area meja tamu, bisa jadi aksen dekoratif yang lucu.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda