Hindari Menggunakan Warna Cat Ini Jika Ingin Suasana Kamar Tidur Nyaman

Penerapan warna cat dinding pada kamar tidur akan memberi dampak psikologis yang akan memengaruhi kualitas tidur para penghuni rumah.

Warna cat kamar tidur
(Foto: Pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apakah Anda termasuk orang yang menderita insomnia atau susah tidur? Cobalah perhatikan desain kamar tidur Anda, termasuk warna cat dinding yang digunakan. Bisa jadi mungkin ada yang salah pada suasana di area tersebut, sehingga membuat tidurmu tidak merasa nyenyak.

Banyak desainer interior mengatakan penerapan warna cat dinding pada kamar tidur akan memberi dampak psikologis yang akan memengaruhi kualitas tidur para penghuni rumah.

Oleh karena itu, menerapkan warna cat dan dekorasi interior pada kamar menjadi penting. Pemilihan skema warna yang tepat akan memberikan ketenangan diri.

Baca Juga: 6 Alasan Mengapa Sebaiknya Televisi Diletakkan di Luar Kamar Tidur

“Kekuatan warna terletak pada kemampuannya mengubah perasaan dan pengalaman Anda,” ungkap desainer interior, Shannon Kaye,seperti dikutip hgtv.

Dilansir dari laman Dekoruma, berikut ini warna cat dinding kamar tidur yang dianggap akan menganggu kualitas tidur penghuni rumah.

Warna oranye
Warna yang dianggap akan menganggu kenyamanan aktivitas tidur adalah oranye. Mengaplikasikan warna itu pada kamar tidur akan menganggu otak untuk berelaksasi, karena terlalu cerah. Warna oranye yang ceria sangat cocok untuk digunakan di ruang bermain

Warna merah
Secara psikologis, merah merupakan warna yang identik membawa suasana yang penuh semangat dan bergairah. Nah, menerapkannya pada dinding kamar akan mempengaruhi pikirian, sehingga memicu otak untuk aktif kembali saat istirahat.

Baca Juga: Begini Kriteria Cat Dinding yang Aman Menurut Ahli Kesehatan

Oleh karenanya, tak disarankan untuk menggunakan warna merah pada ‘sekujur’ ruangan kamar tidur. Apabila tetap ingin menerapkan warna tersebut, aplikasikan saja sebagai aksen ruangan. Misalkan pada salah satu furnitur di kamar tidur.

Cokelat tua
Warna cat kamar selanjutnya yang harus Hokie People hindari adalah cokelat tua. Hal itu disebabkan warna tersebut akan mendatangkan kesan yang kotor dan lusuh pada tampilan kamar.

Bahkan, riset yang dilakukan konsultan properti Zillow, rumah dengan warna cat kamar tidur yang menggunakan cokelat tua, terjual lebih rendah USD236 lebih rendah dari harga seharusnya.

Baca Juga: Beberapa Mitos Tentang Kamar Tidur yang Harus Anda Ketahui

Kuning
Tak jauh berbeda dengan oranye, penggunaan warna kuning pada kamar tidur sangat tidak
disarankan. Hal itu dikarenakan warna itu terlalu terang yang akan memberi dampak overstimuli untuk pikiran. Bukannya rileks, Anda akan menjadi sulit tidur.

Jadi, jangan sampai salah pilih warna untuk kamar tidur kalian ya, Hokie People!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda