IAPMO Group Bantu KemenPUPR untuk Inspeksi Kesehatan Bangunan

Kerjasama antara IAPMO Group Indonesia dan KemenPUPR didasari oleh keberadaan peraturan UU Bangunan Gedung No.2008 tahun 2002.

(Foto : istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Fasilitator pengujian produk plambing, IAPMO Group Indonesia menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) terkait ‘Inspeksi Aspek Kesehatan Bangunan Rumah dan Gedung mengenai Sertifikasi Laik fungsi Bangunan’.

Kerjasama antara IAPMO Group Indonesia dan KemenPUPR didasari oleh keberadaan peraturan UU Bangunan Gedung No.2008 tahun 2002.

UU tersebut menyebutkan bahwa dalam setiap bangunan atau gedung di Indonesia harus memiliki syarat laik fungsi, termasuk untuk rumah sederhana untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Baca Juga : Sediakan Hunian untuk Santri, KemenPUPR Bangun Rusun di Madiun

Ken Wijaya, Executive Vice President IAPMO Group Indonesia disaat peresmian kerjasama, Kamis (05/07/2018) di Jakarta, mengatakan dengan kesepakatan ini pihaknya ingin mensosialisasikan mengenai pentingnya standarisasi plambing sebagai bagian dari bangunan.

“Kami ingin masyarakat Indonesia semakin paham mengenai pentingnya sistem plambing yang baik, untuk konsumsi personal maupun kepentingan umum. Karena sistem plambing juga berdampak pada kesehatan dan juga keamanan,” tuturnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Kepala Puslitbang Perumahan dan Permukiman, Prof. Ir. Arief Sabarrudin, CES menerangkan ada empat kriteria bangunan dinilai laik fungsi dan huni.

Pertama, menjamin keselamatan bangunan, baik terhadap gempa bumi, kebakaran maupun petir. Kedua adalah aspek kesehatan yang terdiri dari sanitasi, udara maupun air bersih. Ketiga adalah kenyamanan. Serta yang ke-empat adalah kemudahan.

Baca Juga : KemenPUPR Lengkapi Fasilitas Wisma Atlet untuk Penyandang Disabilitas

“Bersama IAPMO kami bisa bersinergi untuk melangkah bersama, dan kami juga melihat mereka memiliki komitmen sosial yang tinggi, sehingga diharapkan dapat membantu pemerintah,” ujar Arief.

Selain penandatanganan kesepakatan kerjasama, IAPMO Group Indonesia juga menyelenggarakn seminar bersama Asosiasi Plambing dan APPIN dalam rangka memperingati World Plumbing Day 2018.

Mereka menghadirkan beberapa pembicara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, KemenPUPR  dan Badan Standarisasi Nasional (BSN) yang membicarakan tema mengenai ‘Plumbing system for building as one of tools to support SDG 2020′. Pada kesempatan ini juga, “IAPMO Man” sebagai maskot juga turut diluncurkan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda