Ini Dia Berbagai Jenis Kursi Goyang Penambah Manis Ruangan

Penggunaan kursi goyang tak hanya akan menambah tampilan unik interior di rumah, namun juga dapat membantu sirkulasi pernafasan dan menenangkan pikiran para penggunanya.

Ini Dia Berbagai Jenis Kursi Goyang Penambah Manis Ruangan
(Foto: superbowl)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kursi goyang merupakan salah satu perabot furnitur yang banyak digunakan oleh pemilik rumah di Indonesia. Banyak orang berusia lanjut hingga anak muda menggemari kursi jenis itu, karena dinilai nyaman untuk diduduki.

Dilihat dari desainnya yang klasik dan antik, kursi goyang juga memiliki nilai sentimentil karena dapat membangkitkan memori nostalgia keluarga.

Penggunaan kursi goyang tak hanya akan menambah tampilan unik interior di rumah, namun juga dapat membantu sirkulasi pernafasan dan menenangkan pikiran para penggunanya. Umumnya, pemilik rumah akan meletakkan kursi itu di ruang keluarga ataupun ruang tamu.

Baca Juga: Keren! Rancangan Furnitur Surealis Ini Bisa Multifungsi

Mengutip dari laman Rooang, di sekitar abad ke 19, banyak manula atau kepala asisten rumah tangga di Midwest, Amerika Serikat, menggunakan kursi goyang sebagai simbol status sosial.

Tak jarang, mereka kerap difoto atau dilukis dalam keadaan duduk di atas kursi goyang. Meski kursi goyang kini tak sepopuler jaman dahulu, namun masih banyak orang-orang yang menganggap kursi goyang sebagai salah satu furnitur favorit di rumah mereka.

Jika dilihat dari jenisnya, ternyata kursi goyang memiliki beberapa gaya rancangan. Berikut ini beberapa diantaranya.

Kursi goyang windsor

(Foto: architectaria)

The English Windsor atau yang biasa dikenal pula dengan sebutan kursi goyang windsor merupakan tempat duduk goyang pertama yang dibuat pada awal tahun 1700-an. Diciptakan untuk England’s Windsor Castle, kursi tersebut didesain sebagai tempat duduk dan bersantai di taman dan di luar rumah.

Baca Juga: Tips Merawat Furnitur Vintage ‘Warisan’ Agar Selalu Awet

Kursi goyang Kennedy

(Foto: liveauctiongroup)

Selanjutnya yang tak kalah keren adalah desain kursi goyang Kennedy. Saat itu, presiden Kennedy divonis menderita sakit punggung parah dan dokter menyarankan menggunakan kursi goyang ini yang tentu lebih nyaman digunakan dibandingkan kursi biasa. Setelah menggunakannya, ternyata beliau sangat menikmatinya.

Awalnya, kursi itu diberi nama The Carolina. Namun, karena ketika itu nama presiden John F Kennedy begitu besar pengaruhnya, maka akhirnya kursi tersebut diberi nama sesuai
dengan nama presiden Amerika Serikat tersebut.

Kursi goyang shaker

(Foto: fortunalan)

Kursi goyang jenis ini dibuat oleh the Shakers, sebuah sekte di Amerika yang eksis di negara tersebut pada tahun 1820. Kursi goyang ini cenderung lebih sederhana, fungsional, dan memiliki proporsi yang tepat tanpa banyak hiasan.

Dudukannya terbuat dari kulit, rotan, atau bulu domba. Pada jaman tersebut, kursi goyang Shaker juga kerap dibuat sesuai pesanan dengan menyesuaikan tinggi serta berat pemakaiannya, sehingga akan lebih nyaman ketika digunakan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda