Inilah Deretan Bangunan Ikonik yang Mewarnai Wajah Boyolali

Selain memiliki pemandangan yang indah, Kabupaten Boyolali juga dikenal karena kehadiran beberapa bangunan ikonik yang menjadi landmark daerah tersebut.

Bangunan Ikonik tampang wajah Boyolali
(Foto: Dolan Boyolali)

RumahHokie.com (Boyolali) – Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, beberapa hari ini tengah ramai diperbincangkan oleh khalayak ramai. Hal itu terjadi, lantaran isi pidato calon presiden Prabowo Subianto yang dianggap merendahkan masyarakat daerah tersebut dengan pembahasan ‘tampang Boyolali’.

Akan tetapi di luar polemik itu, Hokie People, ternyata di Boyolali terdapat beberapa bangunan ikonik dan menjadi landmark di daerah tersebut.

Banyak masyarakat sering memanfaatkan bangunan ikonik itu untuk menjadi lokasi ber-swafoto mereka bersama keluarga dan teman-temannya. Berikut ini deretan gedung di Boyolali dengan tampilan arsitektur dan interior yang ikonik dan menarik.

Baca Juga: Deretan Rumah yang Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Gedung Lembu Suro

(Foto: dolanboyolali)

Boyolali dikenal sebagai daerah penghasil susu sapi terbesar di Jawa Tengah. Oleh karenanya, banyak ikon patung sapi yang bertebaran di sudut-sudut jalan daerah ini, termasuk gedung Lembu Suro.

Bangunan berbentuk sapi yang selesai dibangun pada pertengahan November 2015 lalu ini menjadi ikonik dan menarik karena ukurannya yang besar.

Baca Juga: Foto: Keindahan Warna-warni Kampung Wisata Pancuran Salatiga

Terletak di komplek perkantoran terpadu Kabupaten Boyolali, gedung Lembu Suro menjadi salah satu tujuan rekreasi yang sedang naik daun. Bangunan ini sebenarnya merupakan gedung pertemuan. Di dalamnya  terdapat ruangan untuk menggelar rapat.

Balai Sidang Mahesa (Dome)

(Foto: Dolan Boyolali)

Bangunan berbentuk dome ini merupakan salah satu gedung ikonik di daerah Boyolali. Difungsikan sebagai ruangan serbaguna untuk pertemuan dan acara penting,

Balai Sidang Mahesa, mampu menampung hingga 3.000 orang. Dilansir dari laman Antara, gedung seluas 3.846,5 meter persegi ini dibangun dalam tiga tahap dan menelan total anggaran mencapai Rp23 miliar.

Museum R. Hamong Wardoyo

(Foto: situsbudaya)

Museum R. Hamong berada di Jalan Raya Boyolali – Solo, Tegalwire, Mojosongo. Bangunan ini menjadi ikon daerah tersebut karena memiliki rancangan yang mirip museum Louvre di Paris, Perancis.

Baca Juga: Diubah Tampilannya, Gedung Bank Tua Ini Jadi Perpustakaan yang Keren

Bagian atap dari gedung ini dirancang berbentuk kerucut seperti piramida dan terbuat dari panel kaca transparan. Terdiri dari dua lantai, museum ini menampilkan pengetahuan  tentang sejarah Boyolali.

Kantor Bupati Boyolali

(Foto: Dolan Boyolali)

Selain museum, bangunan bercat putih bergaya klasik ini juga dikenal menjadi landmark dari daerah Boyolali. Terletak di Jalan Merdeka Barat, Kemiri, Mojosongo, bangunan ini difungsikan sebagai kantor Bupati Boyolali.

Walaupun digunakan sebagai kantor pemerintahan, namun banyak juga lho masyarakat umum yang berkunjung untuk menikmati keindahan arsitektur gedungnya.

Monumen Arjuna Wijaya

Bangunan Ikonik Boyolali
(Foto: Istimewa)

Terletak di Simpang Lima di pusat kota Boyolali, Monumen Arjuna juga menjadi bangunan landmark yang ikonik dari daerah tersebut. Monumen ini sekaligus menjadi lambang kejayaan dari daerah tersebut. Banyak masyarakat dari luar Boyolali melakukan swafoto di tempat ini.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda