Kaca Kamar Mandi Tertutup Jamur? Berikut Ini Cara Membersihkannya

Tampilan kusam pada bagian partisi kaca yang terdapat di dalam kamar mandi dan cermin kaca, umumnya terjadi karena material tersebut tertutup cipratan air sabun yang mengering atau bahkan jamur yang menempel.

Cara membersihkan kaca kamar mandi-
(Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Seiring dengan penggunaan, bagian partisi kaca yang membatasi air agar tak membasahi area kering pada kamar mandi, akan nampak semakin kusam.

Tampilan kusam pada bagian partisi kaca yang terdapat di dalam kamar mandi dan cermin kaca, umumnya terjadi karena material tersebut tertutup cipratan air sabun yang mengering atau bahkan jamur yang menempel.

Oleh karena itu, pintu kaca pembatas antara area shower dan area kering di kamar mandi harus selalu rutin dibersihkan. Lantas, bagaimana jika bagian tersebut sudah terlanjur ditutupi oleh jamur? Simak caranya membersihkannya berikut ini.

Biarkan udara segar masuk ke kamar mandi
Biarkan pintu kamar mandi tetap terbuka, agar udara segar mengalir masuk setiap kali selesai mandi. Hal ini bermanfaat untuk membuat area tersebut di lebih cepat kering dan mencegah pertumbuhan jamur.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Kerak yang Menempel pada Shower Kamar Mandi

Agar sirkulasi udara segar lebih optimal masuk kedalam area kamar mandi, gunakanlah exhaust fan yang dipasang pada bagian dinding atau ceiling.

Gunakan cairan pembersih kaca
Bersihkan secara rutin bagian kaca di kamar mandi. Gunakan cairan pembersih kaca untuk mengatasi bercak air atau lapisan sabun yang mengering pada pintu kaca shower.

Baca Juga: Merancang Kamar Mandi dengan Nuansa Tropis nan Menyegarkan

Untuk mengatasi jamur yang menempel di partisi kaca kamar mandi, gunakan karbol atau cairan pembersih kaca yang mengandung hidrogen peroksida

Bersihkan dengan bahan pembersih alami
Sebagai alternatif, bersihkan partisi kaca dan cermin kaca dengan pembersih dari bahan alami. Hokie People dapat membuat sendiri pembersih dari campuran cuka dan air dengan takaran sebanding.

Baca Juga: Kamar Mandi Transparan yang Hadirkan Area ‘Tak Berbatas’

Kemudian, semprotkan larutan cuka ini pada bercak, lalu diamkan selama lima menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Untuk kerak yang sangat membandel, oleskan cuka langsung pada bercak. Kemudian, bilas dengan air bersih.

Cairan alkohol sebagai pembersih alternatif
Alkohol berkadar 50-90% juga bisa menjadi pembersih alternatif untuk partisi kaca dan cermin di kamar mandi. Caranya, tuanglah cairan alkohol pada kain lap atau kapas lembut.

Lalu, gosokkan pada bagian kaca yang terlihat kotor karena sisa sabun, minyak ataupun jamur. Kemudian, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda