Kembangkan Pabrik Pintar, Philips dan Soci Mas Jalin Kerjasama

Fasilitas produksi SOCI Mas akan menjadi proyek percontohan pencahayaan pintar Philips Lighting Indonesia meliputi pemasangan lampu dan sistem pencahayaan berbasis LED.

Marcel, Head of Human Resources SOCI MAS; Joanna Reijgersberg-Siew, Architecture Manager IoT and Offices & Industry Philips Lighting Asia Pacific & Japan; Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia; Darrell Tan, Chief Operating Officer SOCI MAS; Umar Hamid, Senior Reliability and Engineering Manager SOCI MAS; Lim Sau Hong, Country Marketing Manager Philips Lighting Indonesia, sepakat untuk menjalin kerjasama. (Foto: Philips Indonesia)

RumahHokie.com (Jakarta) Philips Lighting Indonesia mengumumkan kesepakatan kerjasama dengan PT Soci Mas, salah satu unit usaha dari Sinarmas Group, untuk menjalankan proyek percontohan penerapan pencahayaan pintar di Medan, Sumatra Utara.

Kerjasama ini meliputi pemasangan lampu dan sistem pencahayaan pintar berbasis LED di area Soci Mas seperti pabrik, gudang, kantor, dan akses jalan yang dilakukan oleh Philips Indonesia.

Darrell Tan, Chief Operating Officer PT Soci Mas, mengatakan bahwa pihaknya merencanakan pembangunan pabrik pintar (Smart Plant) di tahun 2020 mendatang. Salah satu implementasi dari rencana besar tersebut adalah dengan membangun sistem pencahayaan pintar (Smart Lighting).

Baca Juga: Buka Lighting Application Center, Philips Pamerkan Inovasi Pencahayaan

“Dengan mengganti lampu konvensional menjadi LED di area aset kami, maka diharapkan kami dapat melakukan penghematan energi secara signifikan, setara dengan pengurangan emisi gas sebesar 707 ton CO2,” ujarnya.

Sementara itu, Rami Hajjar, Country Leader Philips Lighting Indonesia, menjelaskan di dalam proyek percontohan ini, akan menggunakan sistem pencahayaan nirkabel Green Manufacturing dan Green Warehouse yang terpasang pada fasilitas pabrik.

Sistem pencahayaan tersebut menggunakan luminer LED yang dapat diredupkan dalam tiga tipe dan dikendalikan secara nirkabel, sehingga memungkinkan perusahaan untuk menghemat 50% biaya listrik dibandingkan instalasi LED dengan output pencahayaan tetap yang tidak dikontrol.

Baca Juga: Lagi, “Kampung Terang Hemat Energi” Philips Jangkau 25 Desa

“Inovasi lampu hemat energi Philips Lighting akan mengintegrasikan sistem pencahayaan LED pintar dengan teknologi Internet of Things (IoT), yang memungkinkan penggunanya melakukan pengawasan sistem manajeman energi serta performanya secara jarak jauh,” ungkap Rami.

Untuk ruang perkantoran, akan menggunakan sistem pencahayaan berbasis internet kabel yang dapat mengatur nyala lampu dan pengendalian suasana pencahayaan secara pintar.

Melalui pemasangan sistem ini, memungkinkan pengendalian pencahayaan area kantor berdasarkan zona pemasangannya.

Sementara itu, sistem pencahayaan Philips City Touch akan dipasang untuk pencahayaan luar ruang di fasilitas tersebut.

Sistem ini memberikan kendali dan visibilitas penuh untuk penerangan jalan dari papan kendali sentral, memungkinkan manajer fasilitas untuk memonitor titik pencahayaan secara aman, menetapkan jadwal dan mengatur tingkat pencahayaan sesuai kebutuhan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda