Kemendag dan Plaza Indonesia Hadirkan Pasar Kreasi

Dengan menonjolkan kekayaan budaya dan material alam Indonesia, berbagai ragam produk interior dipamerkan pada ajang Pasar Kreasi Indonesia.

Jajaran produk kreatif yang terbuat dari material alam, seperti kayu,bambu dan rotan menjadi daya tarik dalam Pasar Kreasi Indonesia. (Foto :Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Dalam rangka mendukung upaya pengembangan produk kreatif di Tanah Air serta mendorong peningkatan ekspor, Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia bekerjasama dengan Plaza Indonesia menggelar program Pasar Kreasi Indonesia.

Sebanyak 31 perusahaan mengikuti event yang di helat sejak 21 Agustus hingga 24 September 2017 mendatang di Plaza Indonesia, Jakarta, ini. Pasar Kreasi Indonesia menghadirkan ragam kategori produk untuk mengarahkan pelaku usaha agar siap masuk dalam strategi bisnis yang berorientasi kepada kegiatan ekspor.

Para pelaku usaha yang terseleksi ini merupakan representasi dari beragam produk kreatif bernilai tambah Indonesia mulai dari kain tradisional khas Indonesia, fesyen hingga dekorasi rumah dan mebel.

Baca juga: Ide Kreatif Ini Bikin Anda Makin Nyaman Berada di Kamar

Produk-produk kreatif yang dijajakan dalam event tersebut memadukan material alam Indonesia, seperti kayu, rotan, dan bambu dengan tak lupa menonjolkan kekayaan budaya Indonesia. Kecerdasan tangan kreatif Indonesia yang menghasilkan penghargaan internasional

“Kehadiran Pasar Kreasi Indonesia bertujuan memberikan ruang bagi para pelaku usaha kreatif untuk mengembangkan serta mempromosikan produk bernilai tambah di pusat perbelanjaan,” jelas Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, saat membuka acara.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, bersama Lucy Suyanto, Arlinda, Boyke Gozali, Yudi Latif, Arnes Lukman, dan Mia Egron meresmikan Pasar Kreasi Indonesia
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, bersama Lucy Suyanto, Arlinda, Boyke Gozali, Yudi Latif, Arnes Lukman, dan Mia Egron meresmikan Pasar Kreasi Indonesia. (Foto :Istimewa)

Menurutnya, selain dibina dan diberikan pemahaman tentang pasar, produk kreatif Indonesia juga perlu diberikan kesempatan untuk meraih akses pasar dan berpromosi. “Ini akan mendorong pelaku usaha kreatif Indonesia mengembangkan bisnisnya agar terus berupaya berkreasi, membaca, serta menciptakan tren desain dan berkarya,” kata Menteri Perdagangan.

Adapun, Chairman of Plaza Indonesia Foundation, Arnes Lukman menyampaikan komitmennya dalam mendukung program Pemerintah Indonesia, terutama pada sektor perdagangan.

“Dengan Pasar Kreasi Indonesia diharapkan dapat memperkaya berbagai inisiatif dan upaya pihak-pihak ritel yang selalu siap untuk bekerja sama dengan para penghasil produk-produk dalam negeri, agar mampu memenuhi kebutuhan konsumen gaya hidup saat ini. Salah satunya, melalui sinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan daya saing pelaku industri ritel lokal guna memenuhi permintaan pasar yang semakin beragam,” pungkas Arnes.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda