KemenPUPR Bangun Rusun Khusus Paspampres di Tanah Abang

Rusun Paspampres akan dibangun oleh Satker Ditjen Penyediaan Perumahan setinggi 10 lantai dan memiliki landasan untuk helikopter (helipad) di bagian atap-nya.

KemenPUPR Bangun Rusun Paspampres, Tanah Abang, Khalawi Abdul Hamid
(Foto: dok. KemenPUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun Rumah Susun (Rusun) Tingkat Tinggi untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Tanah Abang, Jakarta.

Rusun Paspampres akan dibangun oleh Satker Ditjen Penyediaan Perumahan setinggi 10 lantai di atas lahan seluas 5.608 meter persegi.

Bangunan vertikal ini akan terdiri dari 93 unit dengan empat tipe hunian. Mulai tipe hunian 45 hingga tipe 130 meter persegi serta dilengkapi dengan perangkat furnitur. Selain itu, hunian vertikal ini juga memiliki landasan untuk helikopter (helipad) di bagian atap-nya.

Baca Juga: KemenPUPR Serahkan Aset Negara Bidang Perumahan Senilai Rp1 Triliun

“Kami (KemenPUPR) berharap dengan pembangunan Rusun Tingkat Tinggi ini bisa meningkatkan kinerja dan kesejahteraan para anggota Paspampres TNI yang bertugas,”
ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan KemenPUPR, Khalawi Abdul Hamid saat Ground Breaking di Markas Komando Paspampres Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Khalawi menjelaskan, masih banyak anggota dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan TNI yang masih membutuhkan rumah.

Untuk itu, pemerintah berupaya membantu mereka dengan membangun hunian yang layak sehingga mereka bisa lebih bersemangat dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Lebih lanjut, ia menambahkan, tujuan pembangunan Rusun Tingkat Tinggi dan Rusunawa bagi anggota ASN dan TNI / Polri diperlukan untuk meningkatkan kinerja dari aparat.

Baca Juga: KemenPUPR Akan Bangun 3 Rusunawa untuk ASN Kemenkumham

Khalawi berharap, dengan tinggal dekat tempat kerjanya, maka mereka bisa menjadi lebih hemat waktu, hemat biaya dan tentu lebih disiplin dan lebih terawasi.

“Dengan dibangunnya Rusun ini tentu bisa memberikan suatu warna, bahwa tinggal di apartemen juga memindahkan budaya dari rumah tapak ke vertikal. Ini perlu contoh yang baik dan dengan tinggal di Rusun, maka anggota yang bertugas bisa tinggal di rumah yang layak huni,” tuturnya.

Sementara itu, Komandan Paspampres Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, dalam sambutan tertulisnya menyatakan, kerjasama antara KemenPUPR dengan Mabes TNI dalam
pembangunan Rusun merupakan momentum yang tepat dalam upaya pemenuhan kebutuhan rumah dinas prajurit.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kriteria Rumah Layak Huni Menurut KemenPUPR?

“Rusun ini merupakan wujud kepedulian pemerintah dan pimpinan TNI kepada Satuan Paspampres, dalam mewujudkan perumahan prajurit yang layak huni,” ucapnya.

Selain membangun Rusun untuk anggota TNI, KemenPUPR juga telah membangun Rusun untuk ASN di Kementerian Hukum dan HAM dan kementerian serta lembaga lainnya. Pembangunan Rusun tersebut bukan hanya di Jakarta saja tapi juga tersebar di seluruh Indonesia.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda