KemenPUPR Tingkatkan Dana Bantuan Program Bedah Rumah untuk Masyarakat

Untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam meningkatkan kualitas hunian, KemenPUPR akan meningkatkan dana program bedah rumah.

Dana Bantuan Bedah Rumah, KemenPUPR, dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS)
(Foto: dok. KemenPUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) akan meningkatkan dana Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal dengan istilah bedah rumah untuk masyarakat.

Jika sebelumnya, dana untuk program bedah rumah sebesar Rp15 juta, kini pihak KemenPUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, memberikan dana menjadi Rp17,5 juta. Sedangkan, untuk dana pembangunan rumah baru Rp30 juta menjadi Rp35 juta.

“Untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam meningkatkan kualitas rumahnya, kami akan meningkatkan dana BSPS atau bedah rumah,” tutur Khalawi Abdul Hamid, Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan KemenPUPR, Kamis (28/02/2019) di Jakarta.

Baca Juga: KemenPUPR Bangun Rusun Khusus Paspampres di Tanah Abang

Dalam program ini, pemerintah memberikan bantuan bukan dalam bentuk uang, akan tapi berbentuk bahan bangunan. Sedangkan pelaku utama pembangunan adalah masyarakat dengan membentuk kelompok dan membangun rumah secara gotong royong

Adapun jenis bantuan untuk peningkatan kualitas rumah swadaya (PKRS) terbagi menjadi dua, yakni untuk bahan bangunan sebesar Rp15 juta dan upah kerja Rp2,5 juta.

Untuk pembangunan baru rumah swadaya (PBRS) jenis bantuannya terdiri dari untuk bahan bangunan Rp30 juta dan sisanya Rp5 juta untuk upah kerja.

Baca Juga: KemenPUPR Serahkan Aset Negara Bidang Perumahan Senilai Rp1 Triliun

“Jadi nantinya pemilik rumah juga bisa mendapatkan upah jika memang diperlukan. Dengan demikian mereka tidak terbebani untuk mengeluarkan biaya untuk upah kerja tukang,” ujar Khalawi.

Ia menjelaskan untuk total anggaran program bantuan bedah rumah, pihaknya mengalokasikan dana APBN sebesar Rp4,28 triliun.

KemenPUPR manargetkan pembangunan perumahan yang telah ditetapkan untuk program pembangunan rumah swadaya adalah 206.500 unit. Untuk jumlah peningkatan kualitas rumah 198.500 unit dan pembangunan baru 8.000 unit.

Baca Juga: Ini Syarat Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari Pemerintah

Pembangunan rumah secara swadaya merupakan salah satu program perumahan yang tengah di dorong oleh pemerintah.

Sedangkan, Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) merupakan program dari pemerintah bagi masyarakat berpenghasilan untuk meningkatkan kualitas rumah dan  sarana-prasarana serta utilitasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda