Kementerian PUPR Bangun 114 Tower Rumah Susun untuk TNI

Selain Rusun, KemenPUPR juga membangun 1.994 unit Rumah Khusus (Rusus) bagi anggota TNI, terutama bagi yang bertugas di kawasan perbatasan, pulau terdepan, dan pulau terpencil.

rumah susun - tni kodam jaya - kemen pupr - rumahhokie - dok
Rumah susun TNI Kodam Jaya (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) telah menyelesaikan pembangunan lima rumah susun (Rusun) bagi anggota TNI Kodam Jaya. Rusun yang berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur tersebut kini telah di huni para anggota TNI Kodam Jaya.

Pembangunan Rusun Sewa bagi TNI dan Polri dilakukan karena banyak anggota TNI dan Polri yang belum memiliki hunian yang layak. Ketersediaan hunian turut mendukung TNI dan Polri dalam melaksanakan tugasnya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Sukseskan Program Perumahan Rakyat, Ini Dua Usulan REI untuk Pemerintah

“Kami berharap Rusun ini bisa bermanfaat bagi para anggota TNI yang bertugas di Kodam Jaya. Semoga mereka bisa nyaman tinggal di Rusun ini bersama keluarga,” kata Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pembangunan Rusun dilaksanakan mulai tahun 2015 hingga 2017. Rusun yang masing-masing setinggi 6 lantai ini telah dilengkapi dengan jalan lingkungan, drainase, lift dan setiap unitnya tersedia meubelair.

Baca Juga: Kementerian PUPR Targetkan 1,25 Juta Unit Rumah Tahun Ini

“Rusun ini dibangun dengan tipe 45 meter persegi dan dapat menampung 83 kepala keluarga di tiap towernya. Total kapasitas Rusun ini dapat menampung sekitar 415 kepala keluarga anggota TNI di lima tower rusun,” terangnya.

Khalawi menjelaskan, anggaran pembangunan Rusun yang dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya Bangunan Gedung ini berasal dari dana APBN sebesar Rp147 miliar.

Kementerian PUPR sejak tahun 2015 – 2018 membangun sebanyak 114 tower (4.267 unit) Rumah Susun TNI di 24 Provinsi. Selain Rusun, dibangun juga 1.994 unit Rumah Khusus (Rusus) bagi anggota TNI, terutama bagi yang bertugas di kawasan perbatasan, pulau terdepan, dan pulau terpencil.

Baca Juga: Inilah 25 Bank Penyalur KPR Rumah Subsidi di 2019

Sementara itu, sejumlah anggota TNI mengaku senang mendapat bantuan Rusun dari Kementerian PUPR. Mereka juga merasa nyaman karena fasilitas yang disediakan oleh Kementerian PUPR ini sangat lengkap sehingga dapat lebih fokus dalam menjalankan tugas.

“Kami telah menempati Rusun ini kurang lebih selama 2 tahun dan keluarga juga nyaman tinggal di sini. Saya sebagai anggota TNI Kodam Jaya berterimakasih kepada Pemerintah telah memberikan tempat tinggal yang sangat baik dan memuaskan dari bentuk fisik hingga kualitas bangunan yang baik,” ujar Sertu Hidayat Gunawan salah seorang penghuni Rusun Kodam Jaya.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda