Sambut Peserta Asian Para Games 2018, Fasilitas Wisma Atlet Dibenahi

Fasilitas untuk para atlet berkebutuhan khusus yang akan berlaga di ajang Asian Para Games 2018 telah disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran.

wisma atlet kemayoran - asian para games 2018 - kementerian PUPR - rumahhokie - dok3
Wisma Atlet Kemayoran (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pasca-perhelatan Asian Games 2018, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan akan membenahi fasilitas di Athlete Village Kemayoran.

Pembenahan ini dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Asian Para Games 2018 yang akan dilaksanakan 6 – 13 Oktober 2018 di Jakarta.

Baca Juga: Siap Dihuni, Begini Penampilan Wisma Atlet Kemayoran yang Nyaman

“Athlete Village Kemayoran sudah siap 100% untuk ajang olahraga Asian Para Games 2018. Fasilitas untuk para atlet berkebutuhan khusus yang akan berlaga di ajang Asian Para Games pun telah kami siapkan,” jelas Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid.

Menurut Khalawi, pembenahan juga akan dilaksanakan di beberapa titik guna mempersiapkan kedatangan para atlet berkebutuhan khusus dari berbagai negara yang akan tinggal di Athlete Village.

Baca Juga: Benarkah Asian Games 2018 Pengaruhi Pasar Properti Indonesia?

Sejumlah unit kamar dan fasilitas seperti ramp, lift untuk akses kursi roda, signage dan directory di area publik, railing pada tangga serta ubin pemandu (tactile) untuk para atlet berkebutuhan khusus pun telah disiapkan.

Lebih lanjut Khalawi menambahkan, pembenahan lain yang akan dilakukan antara lain pengecatan dinding di beberapa titik dan pengecekan terkait kebutuhan lain dari para atlet. Pihaknya juga menginginkan agar kenyamanan para atlet Asian Games bisa dirasakan para Atlet Asian Para Games juga.

“Saya akan cek terus kesiapan Athlete Village untuk menyambut ajang Asian Para Games ini,” katanya.

wisma atlet kemayoran - asian para games 2018 - kementerian PUPR - rumahhokie - dok
Wisma Atlet Kemayoran ramah kaum difabel (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Utamakan Kenyamanan
Wisma Atlet Asian Games yang dibangun Kementerian PUPR terdiri dari 10 tower Rusun Tingkat Tinggi di Kawasan Kemayoran, Jakarta. Rusun terdiri dari tiga tower di Blok C-2 seluas 135.000 meter persegi dan tujuh tower di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi di kawasan Kemayoran. Blok C-2 merangkung total 1.932 unit hunian sementara Blok D-10 memiliki 5.494 unit.

Pelaksanaan renovasi aksesibilitas Asian Para Games dilaksanakan selama enam bulan pada lima tower Rusun yang berada di Kawasan Blok D-10 yakni tower 3, 4, 5, 6, dan 7. Total unit yang direnovasi adalah 200 unit setiap tower sehingga ada 1.000 unit kamar yang disiapkan.

Baca Juga: KemenPUPR Lengkapi Fasilitas Wisma Atlet untuk Penyandang Disabilitas

Selain itu, ada juga penambahan 6 unit lift difabel per tower yang disiapkan Kementerian PUPR untuk memberikan kenyamanan bagi para penyandang disabilitas. Jumlah Atlet yang akan berlaga pada ajang Asian Paragames diperkirakan sekitar 3.000 atlet dengan jumlah atlet dengan kursi roda sekitar 1.000 orang.

Sehubungan dengan pekerjaan renovasi terutama pada tower 3 dan 4 kapasitas yang semula untuk 3 tempat tidur berubah menjadi 2 tempat tidur (200 unit di tower 3 dan 200 unit di tower 4)

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda