Kementerian PUPR: Target Program Sejuta Rumah Tercapai di Awal Desember

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyebut capaian Program Satu Juta Rumah per tanggal 3 Desember 2018 sudah mencapai 1.076.856 unit. Simak rinciannya berikut ini.

kavling-perumahan-subsidi-sederhana-menengah-drone-rumahhokie-dok
Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) menyebut capaian Program Satu Juta Rumah per tanggal 3 Desember 2018 sudah melebihi target, yakni 1.076.856 unit rumah.

Tercatat dari target pembangunan rumah untuk MBR sudah mencapai angka 729.876 unit. Angka capaian tersebut berasal dari berbagai instansi, antara lain hasil pembangunan dari Kementerian PUPR yakni pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) 12.208 unit, rumah khusus 1.189 unit, rumah swadaya 147.902 unit. Total pembangunan rumah yang sudah dibangun oleh Kementerian PUPR berjumlah 161.299 unit.

Baca Juga: 2019, Program Perumahan Rakyat Dapat Kucuran Dana Rp7,82 Triliun

Pemerintah daerah pun ikut andil dalam Program Sejuta Rumah. Pemda juga membangun rumah untuk masyarakat sekitar 111.821 unit yang terdiri dari pembangunan Rusunawa (9.430) dan program bedah rumah untuk masyarakat (102.391).

Di sisi lain, tahun ini pengembang juga sudah membangun 447.364 unit, CSR dari sektor swasta 458 unit, dan masyarakat secara swadaya juga membangun rumah sebanyak 8.934 unit.

Baca Juga: Sukseskan Program Sejuta Rumah, Pemerintah Lakukan 4 Hal Ini

Sementara itu, pembangunan rumah untuk non MBR angkanya sudah  346.980 unit. Hasil pembangunan rumah untuk rumah non MBR berasal dari para pengembang 290.656 unit dan masyarakat 56.324 unit.

Meski telah melebihi satu juta unit, jumlah persentase rumah subsidi masih di bawah target, yakni 68% dari target 70%.

capaian program satu juta rumah 3 desember 2018 - kemenpupr - rumahhokie - dok2
Dok. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Gerakan Bersama di Sektor Perumahan
Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengungkapkan, melalui pelaksanaan Program Sejuta Rumah, pemerintah ingin menunjukkan kepada khalayak bahwa pemerintah benar-benar fokus pada penyediaan perumahan bagi masyarakat.

“Program Sejuta Rumah merupakan gerakan bersama di dalam sektor pembangunan perumahan bagi masyarakat di mana pemerintah menggandeng seluruh pemangku kepentingan di bidang perumahan untuk fokus pada pembangunan rumah bagi masyarakat,” jelas Khalawi beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Inilah Teknologi Terbaru Bidang Perumahan yang Kembangkan Pemerintah

Program Sejuta Rumah, imbuh Khalawi, bukan berarti pemerintah membagi-bagikan rumah secara gratis kepada masyarakat. Akan tetapi pemerintah ingin agar seluruh masyarakat bisa menempati bahkan memiliki rumah yang layak huni.

Para pemangku kepentingan di sektor perumahan, baik pengembang perumahan yang tergabung dalam berbagai asosiasi pengembang, perbankan, sektor swasta melalui corporate social responsibility (CSR) serta masyarakat dan pemerintah daerah pun diminta untuk pro aktif dalam pembangunan rumah ini.

Target pembangunan rumah pun di atur oleh pemerintah agar tetap seimbang antara pembangunan rumah subsidi dan rumah non subsidi untuk masyarakat. Rumah subsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) ditargetkan sekitar 70% dari target satu juta unit, sedangkan rumah non subsidi (komersial) ditargetkan sekitar 30%.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda