Kerennya Arsitektur Kantor di Pinggiran Yogyakarta

Dengan rancangan yang menitikberatkan pada keterbukaan, bangunan paviliun kantor seluas 200 meter persegi ini tampil atraktif.

Pemandangan udara dari bangunan kantor dan pabrik yang menyatu dan terbuka. (Foto: designboom)

RumahHokie.com (Jakarta) – Rancangan bangunan kantor tak harus selalu tampil biasa-biasa saja.  Seperti desain sebuah paviliun kantor dan pabrik yang terletak di komplek industri di pinggiran Yogyakarta, ini berhasil ‘mencuri’ perhatian lingkungan di sekitarnya.

Dengan rancangan arsitektur yang menitikberatkan pada keterbukaan, bangunan paviliun kantor seluas 200 meter persegi ini tampil atraktif. Rancangan kantor yang terbuka menciptakan rasa keterbukaan dan transparansi, seperti yang diminta oleh klien.

Dikutip dari Designboom, bentuk rancangan pabrik dibentuk oleh berbagai macam permukaan yang melingkupinya. Pada setiap bagian fasad memiliki bukaan segitiga terbuka dengan berbagai dimensi.

Dengan ukuran itu, membuat bangunan ini dapat merespons pencahayaan alami dari paparan sinar matahari di setiap sisinya.

Baca Juga: Tema Pop Art, Bikin Nuansa Interior Hunian Terasa Berbeda

Bagian fasad kantor yang dirancang berbentuk setiga terbuka, agar dapat merespon lingkungan sekitarnya. (Foto: designboom)

Sedangkan pada bagian interior, bukaannya berfungsi sebagai bingkai ke luar ruang serta cahaya alami untuk penerangan dalam ruangan, sehingga membuat gedung ini menjadi hemat dalam hal penggunaan energi listrik.

kantor yang dirancang oleh biro arsitek Studio Kota ini, terdirir dari tiga zona yang mewakili berbagai departemen yang dikemas dalam plot sepuluh meter dengan jarak dua belas meter. Masing-masing zona itu digunakan oleh satu departmen, yaitu pemasaran, keuangan dan kantor managerial.

Agar penghuni di dalamnya mendapat sirkulasi udara segar dan pencahayaan alami yang cukup, sang arsitek membuat zona tersebut dikelilingi oleh ruang terbuka, yang berfungsi pula sebagai lanskap dan sirkulasi untuk pabrik.

Baca Juga: Ingin Interior Tampil Maskulin, Gaya Arsitektur Industrial Bisa Jadi Pilihan

Konektivitas antar ruang yang dibiarkan terbuka, tanpa sekat dinding. (Foto: designboom)

Kantor ini dengan dibangun menggunakan struktur baja dan sebagian besar didominasi oleh penggunaan beton serta material logam ekspos, sehingga tampilan dalamnya memiliki nuansa industrial.

Penggunaan material tersebut didasarkan pada hasil pengejawantahan bidang bisnis yang dijalankan kantor tersebut. Selain itu, pemilihan material-material industri tersebut juga  didasarkan atas pertimbangan pemeliharaan rendah.

Selain kantor, ruang lingkup proyek ini juga mencakup desain facelift pabrik, perencanaan lokasi dan jembatan penghubung yang ada di area produksi.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda