Lament Investment dan Enam Kesalahan Investor Properti

Ada enam kesalahan yang sering dilakukan lament investor, alias investor yang sering meratapi investasinya.

Agen broker properti gagal
Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – Diperkirakan ada 30% investor properti yang menyesal telah membeli barang/tipe/lokasi/harga yang salah. Kira-kira setengahnya menerima kenyataan, sedang sisanya berisik pengen jual lagi atau curhat sana-sini sambil nyalahin orang lain.

Ada enam kesalahan dari lament investor alias investor yang sering meratapi investasinya. Tiga yang pertama: sok tahu-sok pintar, kurang info, dan nggak peduli tren pasar.

Baca Juga: Investasi Properti Harus Tahu Dulu Prinsip-prinsipnya

Inilah kelompok ansos (anti-sosial) yang pakai naluri tanduk kambing yang gatel pengen nyeruduk begitu lihat batang kayu. Ada duit dan gua suka, ya seruduk aja. Blak! Pecah kepala.

Sesal investasi properti bakal sulit keluar karena properti paling tidak likuid ketika ingin dijual. Akibatnya jual rugi/pulang pokok. Itupun belum tentu ada yang langsung mau.

Baca Juga: Investasi Menguntungkan, Beli Properti dengan Formula 3-2-1

Tiga kesalahan yang kedua: sudah konsultasi, berhati-hati membandingkan, dan beli di saat banyak orang lain juga beli.

Apa yang keliru? Konsultasi kepada orang yang tidak netral (orang yang memasarkan), metodologi pembadingan yang tidak tepat dan ikut-ikutan, adalah beberapa alasan terkuat bahwa investasi Anda juga jadi pepesan kosong.

Baca Juga: Investasi Untung Vs Investasi Buntung

Sedangkan pada titik di mana sebenarnya pilihan Anda adalah benar sekalipun, properti memang menyisakan sekitar 15% cerita gagal, bahkan pada proyek yang paling bagus sekalipun.

Anda sedang apes dan ini tidak semua harus bisa dijelaskan dengan logika bisnis. Nggak apa-apa, yang penting jangan apes karena diporotin Pungky sampai ATM kering dan dia nikah dengan sahabatmu!

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda