Lima Strategi Desain Tangga yang Efektif dan Sesuai Feng Shui

Tangga yang dibuat sesuai dengan aturan feng shui juga bisa didesain secara efisien. Simak lima bentuk tangga berikut ini.

feng shui - tangga energi positif chi - rumahhokie - dok2
Desain tangga meningkatkan efektivitas feng shui dengan menampung Chi yang baik dan menyebarkannya ke seluruh ruangan di dalam rumah.

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Setelah pada artikel sebelumnya dibahas mengenai cara mengalirkan energi Chi di tangga rumah dan mengaktifkan energi baik di area bawah tangga, di artikel kali ini akan dijabarkan trik merancang tangga dengan mengacu pada prinsip feng shui.

Baca Juga: Desain Tangga Sesuai Feng Shui, Ternyata Ada Rumusnya!

Desain tangga tak hanya sesuai dengan aturan feng shui, tetapi juga mengindahkan efisiensi ruang.

Tangga di Area Berenergi Positif
Desain tangga selain mengenal efisiensi ruang, juga harus mengemukakan efektivitas feng shui tangga, yaitu dengan meletakkan tangga pada area energi positif menurut Fei Xing (Bintang Terbang).

Baca Juga: Tips Mengaktifkan Energi Positif Ruang di Bawah Tangga

Caranya, dengan menempatkan di dekat kolam atau kolam renang yang menampung energi Chi (Qi) yang baik, kemudian meneruskannya ke semua ruangan di dalam rumah.

Dengan perletakan tangga seperti ini, maka energi positif yang dibawa ke lantai atas oleh tangga akan berfungsi dengan sempurna. (lihat foto utama)

feng shui - tangga zig zag - rumahhokie - dok
Desain tangga zig zag akan menghemat banyak sekali ruang di area tangga.

Tangga Zig Zag
Jika lahan sangat sempit Anda bisa memilih desain tangga zig zag. Desain tangga seperti ini meletakkan kaki kiri dan kaki kanan pada injakan yang berbeda. Biasanya melangkah naik dari kaki kiri lebih dahulu baru kaki kanan.

Baca Juga: Feng Shui Tangga: Posisi atau Jumlah Undakan yang Lebih Penting?

Desain seperti ini akan mengirit banyak sekali ruang untuk tangga. Selain itu Anda masih bisa menggunakan ruang pada masing-masing anak tangga sebagai tempat penyimpanan, selama area tersebut tidak ditutup.

feng shui - tangga di tengah lahan - rumahhokie - dok
Tangga diletakkan di tengah lahan, menghubungkan bangunan depan dengan bangunan di belakang. Dengan demikian, pembagian ruang publik/semipublik dengan privat dapat dilakukan.

Tangga di Luar Bangunan
Mungkin ada yang belum terpikir untuk menempatkan tangga tidak di dalam ruangan, tetapi di luar bangunan. Untuk keamanan, tentu saja tangga ini diletakkan di tengah kavling. Caranya, di dalam lahan dirancang dengan bentuk “U”.

Ruang terbuka atau taman yang biasanya diletakkan di belakang kavling, sekarang diletakkan di tengah-tengah kavling, sehingga tetap memberikan ventilasi yang baik.

Baca Juga: Begini Tips Menghadirkan Desain Tangga Rumah yang Aman

Tangga diletakkan di tengah lahan untuk “menyambung” kedua kaki “U”, tadi. Misalnya saja pada bagian bawah, digunakan sebagai area publik dan semi publik (termasuk ruang servis untuk pembantu), sedangkan lantai atas ditempatkan fungsi-fungsi yang bersifat pribadi (memerlukan privacy), seperti kamar tidur.

Tentu saja di atas tangga diberikan atap yang transparan seperti menggunakan bahan polycarbonat. Dengan demikian penerangan ke bawah masih tetap baik.

feng shui - tangga mengitari kolom - rumahhokie - dok
Tangga melekat pada kolom untuk memperoleh efisiensi ruang. Dalam analisa feng shui, tentu saja kolom yang dipilih sebagai centre tangga adalah kolom yang berada pada sektor yang sangat bermanfaat.

Tangga Mengelilingi Kolom
Menempatkan tangga pada kolom struktur. Tangga bisa diletakkan mengelilingi kolom sedemikian, sehingga efisiensi ruangan bisa dipakai. Kolom ini bisa saja berupa dinding geser (shear wall) yang membentuk kolom dan tangga ditempatkan “melekat” pada dinding geser tersebut. Dengan cara ini, ruang yang diperlukan untuk tangga jelas berkurang.

feng shui - tangga spiral - rumahhokie - dok
Tangga spiral dapat dikurangi efek negatifnya dengan “memotong” separuh tangga tersebut dan diletakkan dalam ruang dengan vide atau void.

Tangga Spiral
Desain tangga yang paling efisien dalam penggunaan ruang adalah tangga dengan bentuk melingkar atau spiral. Ruang yang dipergunakan oleh tangga seperti ini tentu akan lebih kecil, tetapi aturan feng shui menetapkan bahwa tangga berbentuk spiral kurang baik.

Pasalnya, tangga berbentuk spiral seperti “bor” yang melubangi bagian bawah, seolah rumah ini ditusuk dari atas ke bawah oleh tangga spiral tersebut.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Tangga Putar Tak Selamanya Bawa Sial

Para arsitek dan desainer interior tentu saja akan dibuat bingung jika tidak mengetahui alasan utama tersebut. Namun jika kita menyadari persoalannya, maka kita bisa membuat desain yang bisa mengeliminasi persoalan tersebut.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka desain tangga spiral tersebut harus “dipotong” separuh, sehingga tidak tembus dari lantai atas hingga bawah.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda