Maksimalkan Renovasi Unit Apartemen, Perhatikan 5 Hal Ini!

Mereka yang ingin merenovasi apartemennya, harus mencari cara bagaimana mengatur ulang layout ruangan tanpa mengubah struktur utama ataupun sistem Mechanical Electrical (ME) bangunan.

Ilustrasi ruangan di apartemen Silk Town Alexandria. (Foto: Adhitya Putra-RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Berbagai persiapan dilakukan oleh umat Muslim jelang datangnya bulan Ramadhan. Salah satu yang biasanya dilakukan dalam menghadapi moment suci tersebut adalah dengan merenovasi huniannya, agar tampilan interior semakin indah.

Bagi yang tinggal di unit apartemen, tentu perlu penanganan yang lebih khusus dibanding melakukan perbaikan pada rumah tapak (landed house).

Mereka yang ingin merenovasi apartemennya, harus mencari cara bagaimana mengatur ulang layout ruangan tanpa mengubah struktur utama ataupun sistem Mechanical Electrical (ME) bangunan.

Agar tidak salah langkah, ada baiknya Anda pahami terlebih dulu mengenai acuan praktis dalam bongkar pasang ruangan di unit apartemen. Simak 5 hal berikut ini.

Baca Juga : Gunakan Cara Ini Agar Ruangan Apartemen Tipe Studio Menjadi Lega

Hitung kebutuhan ruang
Buatlah daftar kegiatan dari setiap anggota keluarga dan cocokkan dengan ruang-ruang yang tersedia. Umumnya, jenis unit apartemen yang paling disukai konsumen, terutama para pasangan muda atau generasi milenial adalah tipe studio, tipe satu kamar tidur, dan tipe dua kamar tidur.

Tentukan rencana renovasi
Jika Anda membutuhkan perluasan di area tertentu, rencanakan renovasi seperti apa yang ingin Anda lakukan.

Misalkan saja, apabila ingin memperluas ruang keluarga pada unit apartemen dengan dua kamar tidur, Anda bisa melakukan perubahan dengan membongkar dinding kamar tidur anak dan menambah area ruang keluarga.

Baca Juga : Infografis: Pilih Apartemen Fully Furnished atau Unfurnished?

Perhatikanlah instalasi listrik dan instalasi air
Sebelum membobok dinding atau membongkar plafon, tanyakanlah terlebih dulu kepada pengelola apartemen, tempat lokasi saluran listrik, pipa air bersih, air kotor, dan pipa gas yang ditanam, pembuangan air dari kloset ataupun penempatan unit outdoor AC. Jangan sampai renovasi yang Anda lakukan malah merusak sistem instalasi di unit apartemen.

Aturlah alur kegiatan, ciptakan kesan luas
Luas ruang dalam unit apartemen memang terbatas. Oleh karena itu, alur kegiatan antar ruang harus diatur secara efisien. Cobalah untuk menerapkan konsep terbuka (open plan) dengan sesedikit mungkin membuat partisi agar tercipta kesan lapang.

Misalnya, ruang duduk digabung dengan ruang makan atau menggunakan partisi semi transparan sebagai penyekat ruang. Cara lainnya adalah menerapkan pintu lipat geser (sliding door) dan membuat furnitur multifungsi.

Manfaatkan material bekas
Cara membangun yang ramah lingkungan bukan sekadar tren saat ini karena hal ini sangat pentinguntuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bahan bekas menjadi elemen fungsional ataupun unsur dekorasi. Pendekatan ini juga menjadi ajang eksplorasi kreativitas kita, lho Hokie People.

Selamat merenovasi!

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda