Menentukan Posisi Toilet Terbaik di Rumah Menurut Feng Shui

Kamar tidur lazimnya diletakkan pada daerah dengan energi positif, sedangkan kamar mandi/WC diletakkan pada sektor dengan energi negatif.

Menentukan Posisi Toilet Terbaik di Rumah Menurut Feng Shui
Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Zaman dulu orang meletakkan kamar mandi/WC di belakang rumah, terpisah dari rumah induk. Tetapi, desain rumah modern yang mengutamakan efisiensi ruang, membuat kamar mandi/WC diletakkan di dalam rumah, bahkan di dekat kamar tidur.

Selain itu, melihat kenyamanan di hotel, di mana kamar tidur memiliki kamar tidur/WC di dalam ruangan, banyak orang mulai meniru gejala itu. Sejak saat itu, rumah menengah ke atas meletakkan kamar mandi/WC di dalam kamar.

Baca Juga: Tips Meletakkan Kamar Mandi dalam Kamar Tidur Sesuai Feng Shui

Masalah timbul saat ukuran kamar tidak sama. Ada kamar tidur yang lebih besar (seperti kamar tidur utama) dan ada kamar tidur yang kecil.

Maka ketika arsitek meletakkan kamar tidur utama (yang lebih besar) di lantai bawah, ternyata sebagian besar kamar mandi/WC terletak di atas kamar tidur utama.

Banyak pemilik rumah tidak menyadari hal ini, tetapi baru kemudian menyadarinya bahwa selama ini ada penghuni rumah yang tidur ‘di bawah’ WC!

Baca Juga: Apakah Tata Ruang Rumah Sesuai Feng Shui? Begini Cara Mengauditnya

Dari aspek feng shui, kamar tidur lazimnya diletakkan pada daerah dengan energi positif, sedangkan kamar mandi/WC diletakkan pada sektor dengan energi negatif.

Baik meletakkan kamar mandi/WC di sebelah kamar tidur maupun di dalam kamar tidur, persoalannya adalah kamar mandi/WC bisa masuk dalam sektor baik yang memiliki energi positif.

Atau terjadi sebaliknya, posisi kamar mandi/WC sudah benar di sektor buruk, tetapi kamar tidur juga masuk dalam sektor dengan energi negatif.

Jadi persoalannya ada dua:
(1) bagaimana mengatasi kamar mandi/WC berada di atas kamar tidur?
(2) bagaimana cara mengatasi kamar mandi/WC berada pada sektor dengan energi baik/positif?

Kamar Mandi di Atas Kamar Tidur
Untuk mengatasi kamar mandi/WC yang berada tepat di atas sebuah kamar tidur, ada beberapa cara untuk merenovasinya.

Cara yang paling aman, memindahkan salah satu ruangan. Bisa memindahkan kamar mandi/WC di lantai atas, atau kamar tidur di bawah yang digeser.

Baca Juga: Tips Feng Shui untuk Cegah Pasangan Anda Berselingkuh

Tetapi bagaimana jika hal ini tidak bisa dilakukan?

Jika tidak dapat memindahkan salah satu ruangan itu, maka perubahan yang harus dilakukan adalah meletakkan ranjang tidak berada di bawah closet atau bathtub. Jika hal itu tidak dimungkinkan, maka Anda harus memindahkan dudukan closet.

Kamar Mandi di Sektor Positif
Hal yang perlu dicamkan, apabila posisi kamar mandi/WC berada di sektor baik (dengan energi positif), yang perlu dilakukan adalah mengubah kamar mandi/WC agar memiliki ventilasi udara, serta penerangan alami sebaik mungkin.

Baca Juga: Bagaimana Bentuk Rumah yang Baik Menurut Feng Shui?

Hal yang menjadi prinsip feng shui, sektor baik tidak sepantasnya berada di ruang dengan energi sangat Yin (kamar mandi/WC).

Selain itu, kamar mandi/WC perlu diberi warna cerah atau warna-warna Yang. Baik ventilasi udara, penerangan alami, maupun penggunaan warna-warna di kamar mandi/WC, semuanya dimaksudkan agar membuat kamar mandi/WC tersebut memiliki aura Yang.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda