Menyambung Dua Kavling Rumah Sesuai Aturan Feng Shui

Untuk melakukan perhitungan feng shui yang baik, pertama kali perlu diketahui bahwa dengan menyatukan dua kavling, maka Titik Berat bangunan akan bergeser.

rumah green valley bekasi - kavling deret - kopel - anto erawan - rumahhokie - dok
Kavling rumah deret (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.comRumah tumbuh menjadi pilihan bagi mereka yang memiliki dana terbatas saat pertama membangun rumah. Seiring dengan peningkatan ekonomi, tak jarang sebuah keluarga membeli rumah di sebelahnya atau di belakangnya. Dengan demikian, kavling rumah melebar ke samping atau memanjang ke belakang.

Seorang klien kami, merasa senang sudah dapat memiliki kavling yang berada di belakangnya. Dia hendak menyatukan kedua kavling tersebut menjadi satu rumah, tanpa banyak melakukan pembongkaran pada bangunan lama.

Baca Juga: Tips Feng Shui: Mengatur Sirkulasi Udara di Dalam Rumah

Untuk melakukan perhitungan feng shui yang baik, maka pertama kali kita perlu mengetahui bahwa dengan menyatukan dua kavling, maka Titik Berat bangunan akan bergeser ke belakang.

Bagaimana cara menentukan titik berat yang baru? Bisa dengan menghubungkan dua titik berat dari kavling itu, maka titik berat resultan akan berletak pada garis hubung ini.

Baca Juga: Apakah Tata Ruang Rumah Anda Sesuai Feng Shui? Begini Cara Mengauditnya

Titik resultan tergantung pada luas tanah hasil penambahan dua kavling yang didapat dengan membandingkan luas kedua kavling. Jika kavling sama luasnya, maka titik berat resultan akan terletak di tengah-tengah garis hubung antara dua titik resultan.

Titik Berat bangunan diperlukan untuk menempatkan Lingkaran Feng Shui guna mengetahui posisi 8 sektor Kompas, karena energi Chi (Qi) yang baik dan buruk menurut Ba Zhai (8 gedung) atau menurut Fei Xing (Bintang Terbang) akan segera dapat ditentukan agar rancangan (desain) rumah dapat dibuat menurut pembacaan ke delapan sektor yang dimaksud.

Contoh Kasus
Dalam contoh kasus berikut ini, setelah meletakkan Lingkaran Feng Shui, kita bisa mengidentifikasi hal-hal berikut ini: pertama, pasangan suami-isteri ini ternyata memiliki Kelompok Kua (Gua) Barat.

Pertama, kita bisa mengenali sektor mana yang baik bagi kedua pasangan. Lihat gambar di bawah ini dan Anda akan mengetahui bahwa sektor-sektor yang baik (diberi warna merah) sebagian besar akan didapatkan pada kavling yang baru; yaitu sektor-sektor : Barat Daya, Barat Laut, Barat, dan Timur Laut.

feng shui dua kavling - titik berat dua rumah - rumahhokie - dok
Posisi Titik Berat sebagai dasar perhitungan Feng Shui dua kavling.

Masalah pokok pada bangunan lama adalah kurang adanya udara yang mengalir (angin) ke dalam bangunan, maka solusi utama dari bangunan yang baru ini adalah menambah ruang terbuka yang baru, dan ini bisa berupa taman-taman yang diperlukan.

Baca Juga: Tips Menata Taman Menggunakan Prinsip Feng Shui

Dengan demikian, aliran udara ke dalam bangunan semakin lebih baik. Posisi yang buruk kita gunakan untuk kamar mandi/WC atau dapur, sedangkan posisi yang baik digunakan untuk kamar tidur, serta fungsi penting lainnya.

feng shui dua kavling - denah dua rumah - rumahhokie - dok
Denah rumah dalam 2D dan 3D

Untuk mendapat feng shui yang lebih baik, bangunan pada lahan baru ini dibuat dua lapis, dimana lantai bawah diperuntukkan sebagai fungsi lantai servis, seperti garasi, gudang, dan kamar-kamar tidur pembantu.

Dengan demikian, bangunan lama yang telah diubah ini akan terlihat “bersandar” pada bangunan yang baru (lihat gambar).

feng shui dua kavling - perspektif potongan rumah - rumahhokie - dok
Gambar Perspektif Potongan Memanjang Bangunan.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda