Miliki di Rumah: Benda Pembawa Rezeki dan Hoki di Tahun Babi Tanah

Cisoak dipercaya dapat meningkatkan energi positif, sekaligus meredam energi negatif. Benda-benda ini feng shui ini harus diletakkan di tempat yang tepat.

tahun babi 2019 - feng shui - rumahhokie - dok copy
Tahun Babi 2019 (Foto: istimewa)

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Cisoak (feng shui cure) adalah benda-benda feng shui yang dipercaya dapat meningkatkan energi Chi (Qi) positif sekaligus mampu meredam energi Chi negatif.

Baca Juga: Peruntungan Anda dan Rumah yang Hoki di Tahun Babi Tanah 2019

Pada Tahun Babi Tanah 2019, penyebaran energi Chi yang diwakili bintang-bintang yang terlihat di gambar berikut ini. Di rumah, setiap ruangan yang kedatangan Bintang-bintang ini memerlukan Cisoak-nya masing-masing.

feng shui - tahun babi tanah 2019 - flying star - rumahhokie - dokBintang *1 Putih
Bintang ini merupakan simbol uang datang, serta kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan, karena terkait dengan masuknya uang, bisa menggunakan katak berkaki tiga yang bisa membawa hoki (uang) untuk Anda.

Penggunaan katak berkaki tiga yang dipercaya sangat membawa peruntungan, bisa mengundang lebih banyak uang yang datang dalam kemakmuran Anda.

Bintang *2 Hitam
Pengaruh terburuk adalah sektor yang terkena bintang *2 Hitam (Er Hai)  dan bintang *5-kuning (Wu Wang), yang pada tahun 2019 ini ada pada posisi Barat Daya dan Timur Laut.

Segala kesialan bisa muncul akibat pengaruh energi negatif ini. Kerugian-kerugian terjadi dan dalam hal usaha menurun, ditipu orang, sakit-sakitan.

Baca Juga: Tips Mengatur Energi Chi Agar Rumah Membawa Hoki

Untuk mengatasi Bintang *2 Hitam dan Bintang *5 Kuning umumnya digunakan Fung Ling (lonceng angin).

Bintang *5 Kuning
Bintang *5 kuning atau Wu Wang pada tahun 2019 ini ada pada posisi Barat Daya. Segala kesialan bisa muncul akibat pengaruh energi negatif ini. Kerugian-kerugian dalam hal usaha menurun, ditipu orang, sakit-sakitan dan terkena perkara dapat muncul tak kunjung habis.

Ruang yang terkena bintang *5 kuning ini banyak membawa kemalangan sepanjang tahun pada penghuni keluarga. Oleh karena itu, sebaiknya ruangan ini jangan diramaikan, namun sedapat mungkin penuh dengan ketenangan.

Untuk mengatasi bintang kemalangan ini, biasanya digunakan Pixiu. Benda ini boleh dipadukan lagi dengan fung ling di sektor yang sama.

Bintang *3 Hijau
Sektor Selatan mendapat bintang tahunan San Bi (Bintang 3 Hijau).  Meskipun bintang ini berguna dan dapat mengundang hoki/rezeki, tetapi ternyata juga memiliki pengaruh buruk: yaitu iri, dengki, benci, pertikaian bahkan bisa menyeret Anda pada suatu perkara atau legal problems.

Untuk mengatasinya, kita perlu mengetahui penyebab pengaruh buruk, yaitu Bintang 3 ini terkait dengan kejutan dan kekacauan alam, maupun buatan manusia.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Chi Jelek (Sha Chi) dari Dalam Rumah

Bintang*3 berasosiasi dengan bisnis atau urusan yang tinggi risikonya, yang melibatkan bahaya bagi pelakunya. Itu sebabnya bintang *3 ini juga dinamakan bintang “nekat”.

Untuk “menjinakkan” energi Kayu ini diperlukan aura Api yang bersifat membakar Kayu (energi Kayu mengalir ke Api). Cisoak untuk feng shui buruk di sektor ini adalah karpet merah.

Setelah terpicu, energi Bintang*3 ini menyebarkan pengaruh rumor, gosip, pengkhianatan, ditusuk dari belakang (backstabbing), serta tuntutan hukum. Oleh karena itu jangan menunggu sampai terjadi—sebaiknya kita proaktif.

Bintang *4 Kumala
Bintang *4 Kumala (Si Lu) ini berada di sektor Utara. Bintang ini berpengaruh pada prestasi akademik dan asmara, serta enteng untuk mendapat jodoh dan cerdik.

Pada Bintang Periode-8 terdapat Bintang-9 Ungu yang merupakan bintang kegembiraan dan bintang yang memberi ketenaran jika bergabung dengan bintang *4 (9*4).

Baca Juga: Tips Feng Shui Agar Jomblo Bisa Cepat Mendapat Jodoh

Maka pada tahun ini, memberi pengaruh positif bagi prestasi akademik serta kebijaksanaan dalam prestasi karir Anda. Selain itu bisa meningkatkan kemakmuran Anda melalui peningkatan reputasi serta menambah kemesraan hubungan suami-isteri.

Benda-benda yang menunjukkan cinta kasih dan perdamaian bisa memicu Bintang-4 seperti sepasang bebek mandarin.

feng shui - tahun babi tanah 2019 - cisoak - 8 mata angin - rumahhokie - dok
Delapan mata angin dan cisoak yang cocok dipasang di Tahun Babi Tanah 2019 (Foto: dok. Mauro Rahardjo)

Bintang *6 Putih
Sektor Timur kedatangan bintang *6 yang merupakan simbol kekuatan, kekuasaan, dan otoritas. Bagi mereka yang sedang menjabat sebagai manajer, direktur, pejabat pemerintahan akan mendapatkan banyak keuntungan di sini.

Karena positif, maka sektor Timur dengan Bintang yang mengundang hoki ini bisa dipicu (di-trigger) dengan water feature aktif, yang airnya bisa bergerak, berputar, dan bersirkulasi.

Water Feature ini cukup populer di Indonesia. Oleb karena itu, pengguna feng shui bisa memikirkan benda lainnya yang menjadi simbol otoritas bagi dirinya, sehingga kepemimpinannya akan didukung dan mendapatkan kesuksesan yang besar.

Bintang *7 Merah
Sektor Tenggara mendapat bintang tahunan *7 Merah, yang menjadi simbol kemakmuran masa lalu. Bintang ini tidak begitu buruk, tetapi memiliki unsur-unsur kekerasan, kecurian, dan perampokan. Sementara aspek positifnya adalah inovasi.

Baca Juga: Cara Agar Rumah Tusuk Sate Membawa Hoki

Bagaimana mengatasi Bintang *7 yang membara? Harus diketahui dahulu bahwa Energi *7 berunsur logam. Logam memberi energinya (mengalirkan) kepada Air, jadi energinya bisa disalurkan pada energi yang diciptakannya, yaitu Air.

Pada sektor di mana terdapat Bintang *7, ada baiknya diredam dengan jamban berisi air yang sifatnya diam. Bisa juga dengan menambahkan unsur tanaman yang diletakkan pada water glass container.

Bintang *8 Putih
Bagi mereka yang kedatangan Bintang *8 putih (Ba Bai) akan mendapat sukses dan keberuntungan yang besar. Demikian juga yang mendapat bintang *9 ungu (Jiu Zi), bintang *6 putih, serta bintang *1 putih (Yi Bai), akan banyak mendapat peluang meningkatkan kemakmuran mereka, atau mendapatkan suatu berkah dan rejeki.

Oleh karena itu, terlepas dari percaya atau tidak, tak ada salahnya jika kita membuat upaya-upaya agar Feng Shui bisa bekerja dengan baik bagi kita; yaitu meningkatkan keberuntungan.

Baca Juga: Feng Shui dan Simbol-simbol Pembawa Energi Chi

Di sektor ini bisa Anda aktifkan dengan pagoda selama 2019. Selain itu, Anda juga bisa meningkatkan frekuensi keterbukaan pintu di rumah, termasuk mengundang sanak keluarga dan handai taulan, karena banyak keberuntungan yang bisa Anda peroleh dari ruangan di sektor tengah ini.

Demikian juga, Anda bisa menempatkan benda-benda yang memiliki makna penting bagi kehidupan Anda pada sektor tengah ini.

Bintang *9 Ungu
Sektor Barat Laut mendapat Bintang tahunan Qiu Zi (Bintang-9 Ungu) atau bintang perayaan yang termasuk bintang yang memberi energi baik selama tahun 2019 dan bisa dimanfaatkan selama memungkinkan.

Ruangan di rumah yang kedatangan Bintang ini bisa digunakan untuk berbagai kegiatan, terutama dengan mengaktifkan suara dan atau cahaya.

Apabila Anda mengharapkan adan hubungan sosial yang meningkat serta ada kegembiraan dan perayaan, maka ruang ini bisa diaktifkan dengan Ru Yi yang diartikan sebagai proses yang berjalan lancar.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda