Nepotisme, Koneksi, dan Referensi di Industri Properti

Loyalitas konsumen itu ada unsur nepotisme meski tidak selalu disetujui, karena nepotisme telanjur distempel negatif.

RumahHokie.com – Nepotisme dan romantisme emang bersaudara. Keduanya dilakukan semua hampir semua orang. Bedanya, jika koneksi keluarga/perkawanan dipakai untuk tujuan buruk/jahat ya itu nepotis yang beda jauh dari romantis.

Kata kamus, nepotism itu wewenang jabatan yang dipakai untuk merekrut keluarga/kawan dekat untuk bisa kerja di tempat pejabat itu. Sepintas bukan persekongkolan jahat kok.

Baca Juga: Beli Properti, Harus LGBT!

Seorang CEO properti bisa lompat-lompat pagar memangnya harus bawa-bawa berkas lamaran atau mengisi di jobseeker? Itu koneksi Bro.

Dikenal karena referensi, kenal lama, bertemu tak sengaja di sebuah acara amal atau hanya karena duduk sebelahan di pesawat.

Makanya, sampaikan senyum kepada semua orang dan titipkan hatimu hanya kepada seorang. Itu kata Ikke Nurjanah.

Baca Juga: Early Bird Strategy, Tak Selamanya Bawa Hoki

Berkawan dengan orang di jalan belum tentu selalu buruk. Jangan ikut guru-guru TK di Amrik yang suka bilang: “don’t talk to strangers”.

Berkenalan dan bertukar cerita diri tetap harus meninggalkan kesan baik. Jangan ketemu, kenalan, besok ditawarin ikut asuransi. Gak mau, lusa malah ditawarin beli ruko.

Baca Juga: Investor Properti Jagoan Mesti Tahu Flipping Indicator

Itu hubungan arus pendek yang sering menyulut kebakaran ya. Koneksi itu ikatan rasa nyaman yang hanya akan dipakai sebagai alat bisnis jika saatnya tepat.

Loyalitas konsumen itu ada unsur nepotisme meski tidak selalu disetujui, karena nepotisme telanjur distempel negatif. Dulu, kosa kata kita hanya mengenal “kebijaksanaan”.

Tapi karena jadi bijaksana dan tidak bijaksini, maka jadi negatif. Lahirlah kata “kebijakan”. Tapi malah populer “bajakan”. Hadeuh.

F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda