Optimistis, Jababeka Residence Luncurkan Beberapa Proyek Baru di 2019

Kendati agak konservatif dalam memasang target penjualan, Jababeka Residence tetap optimistis prospek properti di Cikarang semakin baik tahun ini.

press conference jababeka residence 2019 - sutedja darmono - handoyo lim - rumahhokie - dok
Pencapaian Jababeka Residence sepanjang 2018 tidak terlepas dari berbagai strategi yang dilakukan, antara lain proyek yang dikembangkan memiliki diferensiasi dan target market yang spesifik. (Foto: Dok. Jababeka Residence)

RumahHokie.com (Bekasi) – Kendati memasuki tahun politik, PT Grahabuana Cikarang—anak perusahaan PT Jababeka, Tbk—pengembang Jababeka Residence, tetap optimistis untuk melakukan pengembangan.

Pasalnya, pertumbuhan ekonomi nasional dan masifnya pengembangan infrastruktur di kawasan Bekasi menjadi sinyal positif bagi para pelaku industri properti di Timur Jakarta.

Baca Juga: Jababeka Residence Rilis Apartemen Berkonsep Keluarga: Kawana 2

Sutedja S. Darmono, Presiden Direktur Jababeka Residence mengatakan, sepanjang 2018 lalu, Jababeka Residence berhasil membukukan marketing sales Rp550 miliar untuk penjualan residensial dan Rp310 miliar untuk penjualan komersial.

“Pencapaian ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp712 miliar,” kata Sutedja S. Darmono kepada awak media, Selasa (22/1/2019).

Pendapatan tersebut didapat dari beberapa proyek, seperti Kawana Golf Residence, area komersial Cluster Ginza, Cluster Sport City, serta beberapa proyek lainnya.

Baca Juga: Pembangunan Dimulai, Tower I Kawana Golf Residence Sold-Out

“Meskipun pasar 2018 secara umum belum terlalu baik, namun, Jababeka Residence mampu mencatatkan penjualan yang signifikan,” jelas Sutedja.

Dia menuturkan, capaian tersebut tak terlepas dari berbagai stategi yang dilakukan Jababeka Residence, antara lain proyek yang dikembangkan memiliki diferensiasi dan target market yang spesifik.

Misalnya, Kawana Golf Residence menjadi apartemen pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mempunyai akses langsung ke lapangan golf dan menyasar kalangan ekspatriat Jepang.

Baca Juga: Kembangkan Proyek Golf Villa, Jababeka Gandeng Dua Developer Jepang

Keunikan ini membuat Kawana Golf Residence terjual 100% dan memecahkan rekor harga apartemen tertinggi di Timur Jakarta, yaitu Rp33 juta per meter persegi. Keberhasilan proyek ini menggugah Jababeka Residence untuk mengembangkan Kawana 2 Concierge Golf Apartment.

Di 2019 ini, imbuhnya, Jababeka Residence menargetkan pencapaian marketing sales Rp600 miliar untuk penjualan residenaial dan Rp400 miliar untuk komersial.

“Kami memang cukup konservatif (dalam menentukan target penjualan) tahun ini, karena kami memprediksi pertumbuhan tahun ini belum terlalu signifikan,” kata Sutedja.

PROGRES KAWANA GOLF RESIDENCE JABABEKA - JANUARI 2019 - rumahhokie
Progres pembangunan Kawana Golf Residence, Jababeka, Januari 2019 (Foto: Dok. Jababeka Residence)

Proyek Baru Jababeka Residence
Sementara itu, General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence, Handoyo Lim menjelaskan, secara umum prospek properti di kawasan Cikarang di 2019 akan lebih baik dari 2018.

Menurutnya, optimisme itu diimplementasikan dengan meluncurkan sejumlah proyek baru di kawasan Jababeka Residence, antara lain area komersial berkonsep arsitektur Jepang bertajuk Asian Village di lahan seluas 7 hektar.

Baca Juga: Potensi Investasi Kawasan Timur Jakarta di Mata Broker Properti

“Asian Village nantinya dirancang tak hanya sebagai lokasi kuliner, tetapi juga area multifungsi yang memadukan kawasan wisata kuliner dan komersial dengan desain natural,” kata Handoyo Lim pada kesempatan yang sama.

Pengembangan berikutnya, tutur Handoyo, adalah area komersial Sudirman Boulevard tahap 2 dan Paradiso Golf Villa, kawasan residensial premium seluas 3 hektar yang dikembangkan bersama perusahaan asal Jepang Keihan Real Estate, Co Ltd dan Nice Corporation.

Baca Juga: Seperti Apa Hunian Idaman Ekspatriat Jepang?

Pada September 2018, Jababeka Residence telah melakukan penandatanganan kesepakatan joint venture untuk pengembangan lahan residensial. Dalam kesepakatan tersebut, ketiga pihak sepakat membentuk perusahaan patungan dan mengembangkan hunian kelas atas berkonsep golf villa seluas 2,7 hektar di Jababeka Residence.

“Kerjasama dengan investor Jepang sebelumnya juga pernah dilakukan Jababeka Residence bersama Creed Group untuk mengembangkan service apartment dengan konsep desain Jepang modern bertajuk Kawana Golf Residence dan Kawana 2 Concierge Golf Apartment,” papar Handoyo.

Selain pengembangan proyek baru, urainya, Jababeka Residence juga mengembangkan beberapa proyek eksisting yang telah habis terjual, sebagai komitmen untuk melakukan serah terima tepat waktu, yaitu area komersial Ginza, Kawana Golf Residence, Cluster Candi, Cluster Cortes, Palm Town House, Ruko Hollywood Boulevard, Ruko Sudirman Boulevard, dan Monroe Tower, serta Living Plaza Jababeka.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda