Pengaruh Shio dalam Pengaturan Feng Shui Rumah

Ada dua teori feng shui yang terkait dengan shio, yakni menyangkut San He (tiga Keharmonisan) dan Liu Chong (enam konflik).

12 shio - pengaturan feng shui - rumahhokie
12 Shio (Foto: Diolah dari powerofpositivity.com)

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Banyak orang berpendapat bahwa feng shui rumah ada kaitannya dengan shio (horoskop) seseorang. Pendapat ini memang tidak salah, tetapi juga tidak terlalu benar.

Dalam ilmu feng shui, shio Anda tidak otomatis terkait dengan feng shui rumah. Misalnya untuk menentukan arah baik/buruk bagi seorang individu yang lazim dipakai dalam teknik Ba Zhi (8 gedung). Faktor yang menentukan adalah tahun lahir yang bersangkutan.

Baca Juga: Pindah ke Rumah Baru, Perhatikan Shio dan Aturan Feng Shui

Seorang wanita bershio Kerbau (1973) dengan Pria bershio Kerbau pada kelahiran yang sama tidak akan memiliki Kua yang sama. Wanita shio kerbau (1973) memiliki Kua 6 (chien) termasuk kelompok Kua Barat; sedangkan Pria shio Kerbau (1973) memiliki Kua 9 termasuk kelompok Kua Timur.

Dua Teori
Lantas, dalam hal apa feng shui rumah berkaitan dengan Shio Anda? Ada dua teori feng shui yang menyangkut hal tersebut, yakni menyangkut San He (tiga Keharmonisan) dan Liu Chong (enam konflik).

San He adalah keharmonisan yang terjadi antara tiga horoskop, yaitu:
(1) Monyet-Tikus-Naga
(2) Ular-Ayam-Kerbau
(3) Macan-Kuda-Anjing
(4) Babi-Kelinci-Kambing

Baca Juga: Apakah Tata Ruang Rumah Sesuai Feng Shui? Begini Cara Mengauditnya

Cara menggunakannya sebagai berikut: Jika Anda bershio Monyet, maka arah kompas Tikus dan Naga harmonis dan akan memberikan keberuntungan buat Anda.

Jika Anda ber shio Ular, maka arah kompas yang menghadap ke Ayam atau Kerbau akan harmonis dan memberikan keberuntungan buat Anda. Setiap horoskop itu memiliki arah kompas masing-masing mempunyai interval 150.

Baca Juga: Rumah Dekat Pemakaman, Ini Solusinya Menurut Feng Shui

Arah hadap yang harmonis ini baik untuk digunakan sebagai: pintu masuk utama rumah, Kamar Tidur dan Tempat Kerja di dalam rumah. Sebaliknya, ketiga fungsi ruang yang disebutkan ini kurang cocok jika berada pada Posisi arah kompas horoskop yang konflik (Liu Chong).

Enam pasangan yang saling konflik sebagai berikut :
(1) Tikus X Kuda
(2) Kerbau X Kambing
(3) Macan X Monyet
(4) Kelinci X Ayam
(5) Naga X Anjing
(6) Ular X Babi

Jika Anda ber-shio Tikus, kurang cocok jika pintu rumah menghadap ke Selatan, dimana posisi Kuda itu berada. Demikian seterusnya. Sebaiknya menghindari arah dan posisi kompas yang Chong (tidak serasi) dengan horoskop Anda.

Bintang Simbolik
Teknik kedua kaitan horoskop dengan feng shui rumah, memanfaatkan Shen Sha (bintang simbolik). Shen Sha atau bintang simbolik, suatu ‘energi’ pada ruang di dalam rumah yang tidak terlihat kasat mata, tetapi memiliki pengaruh terhadap kehidupan Anda. Ada sekitar 20 bintang simbolik, Shen Sha yang paling populer adalah Tao Hoa (flower of romance).

Baca Juga: Tips Feng Shui: Rumah Ideal Bagi Pasangan Muda

Tao Hoa dalam feng shui dipandang sangat berpengaruh terhadap perjodohan seseorang. Jika Anda jomblo (tidak laku-laku), maka ada masanya ketika Anda memanfaatkan sudut di dalam rumah Anda untuk mengaktifkan sudut rumah tersebut, sehingga Anda bisa ‘dilirik’ orang. Selanjutnya terserah Anda; apabila kemudian Anda mendapatkan buah hati Anda, apakah akan ada follow-up, meneruskan hubungan tersebut atau tidak.

Perhatikan Kamar Tidur Anda, jika Anda ingin cepat dapat jodoh, maka Anda gunakan sudut Tao Hoa Anda dengan mengaktifkan sudut tersebut
dengan: (a) Benda bercahaya (b) Benda berbunyi (c) Benda bergerak (d) Benda hidup.

Misalnya Anda ber-shio Naga, maka aktifkan sudut Barat Kamar Tidur Anda dengan Water Feature.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda