Perbaiki Sistem Distribusi, Matahari Gandeng Manhattan Associates

Dengan solusi ini, diharapkan semua produk Matahari Department Store dapat terus tersedia untuk para pelanggan di seluruh Indonesia, baik pelanggan di gerai fisik maupun online.

matahari department store logo - rumahhokie

RumahHokie.com (Jakarta)PT Matahari Department Store, Tbk menjalin kerjasama dengan Manhattan Associates, Inc (NASDAQ: MANH) dalam pendistribusian versi terbaru Warehouse Management System (WMS) ke lima distribution centre (DC) di seluruh Indonesia.

Solusi ini sekaligus mengimplementasikan proses rantai pasok yang baru untuk memaksimalkan tingkat layanan di seluruh operasi ritel omnichannel dengan lebih efisien.  Hal ini diharapkan akan membangun loyalitas merek di antara pelanggan melalui ketersediaan produk yang lebih baik dan optimal.

Baca Juga: Franchise Retail: Saat Ritel Besar Menggarap Pasar Menengah

Keith Jones, Direktur Logistik Matahari Department Store mengatakan, Solusi Manhattan akan membantu dalam pengelolaan rantai pasok yang semakin berkembang, yaitu terkait dengan menjalankan multi-departement, multi-channel dan kegiatan operasional ritel yang semakin beragam.

“Solusi ini memastikan produk-produk kami terus tersedia untuk pelanggan kami di seluruh Indonesia, baik pelanggan di gerai fisik maupun online. Versi WMS terbaru akan merampingkan proses operasional dalam distribution centre, meningkatkan proses inventarisasi dan pendataan di seluruh kegiatan rantai pasok kami. Hal ini berfungsi sebagai landasan yang kuat saat kami membangun kapabilitas e-commerce dan omnichannel,” papar Keith Jones dalam siaran pera yang diterima RumahHokie.com.

Dalam pengimplementasian solusi terbaru ini, Matahari Department Store dan Manhattan Associates berdampingan dengan Intramega Global, GeoPartner Manhattan di Indonesia sebagai distributor WMS dan sistem otomasi di Indonesia.

Baca Juga: Era Digital Bawa Pasar Ritel Jakarta Lebih Menarik

Richard Wright, Managing Director Manhattan Associates Asia Tenggara mengatakan, pihaknya siap mendukung Matahari memulai transformasi omnichannelnya.

Investasi Matahari Department Store di WMS terbaru Manhattan Associates akan memberikan landasan yang kuat bagi pelaku retail omnichannel untuk membangun sistem rantai pasok kelas dunia.

“Kami optimis bahwa kemitraan dengan Intramega Global dan Matahari Department Store dapat memperkuat sinergi dalam meningkatkan pelayanan, pendapatan, dan profitabilitas. Terlebih lagi, kami optimis kemitraan ini akan membawa perubahan positif bagi industri ritel untuk terus ter-update dengan tren pasar,” kata Richard Wright.

Baca Juga: Pasar Ritel Jakarta Cenderung Stabil, Peritel Coba Lebih Atraktif

Matahari Department Store memulai perjalanannya pada 1958 dengan gerai pakaian anak-anak di Pasar Baru, Jakarta. Kemudian memperkenalkan department store modern pertama di Indonesia pada 1972. Saat ini Matahari Department Store mengoperasikan 154 gerai di 74 kota di seluruh Indonesia, dengan total ruang ritel sekitar satu juta meter persegi.

Hal ini juga dilengkapi dengan kehadiran gerai online, yakni MatahariStore.com dan jasa logistik Matahari Nusantara Logistik. Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan bermitra dengan sekitar 850 pemasok dari Indonesia dan mancanegara.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda