Perhatikan Hal Ini Sebelum Memakai Jasa Tukang Bangunan

Sebagai mitra kerja, kehadiran tukang bangunan dengan keterampilan mumpuni akan membantu anda dalam menghasilkan hunian yang sesuai keinginan.

tips memilih tukang bangunan-RumahHokie.com.kepalatukang
(Foto Ilustrasi: kepalatukang)

RumahHokie.com (Jakarta) – Membangun rumah impian yang direncanakan sendiri sejak awal, tentunya akan mendatangkan rasa kepuasan. Untuk mewujudkan bangunan rumah yang sesuai keinginan dan kebutuhan, biasanya mereka memakai jasa tukang bangunan.

Jasa tukang bangunan, sering kali juga dipakai oleh para pemilik hunian untuk membantu dalam merenovasi tampilan rumahnya. Sebagai mitra kerja, kehadiran tukang bangunan dengan keterampilan mumpuni akan membantu Anda dalam menghasilkan hunian yang sesuai keinginan.

Akan tetapi, tak sedikit orang justru kecewa dengan hasil akhir bangunan rumahnya, hanya karena salah dalam memilih tukang bangunan.

Agar tak merasa kecewa dengan hasil kerja tukang bangunan yang kurang berkualitas, Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini.

Baca Juga: Agar Dana Kredit Renovasi Rumah Tepat Sasaran, Perhatikan 5 Hal ini!

Pilihlah yang berpengalaman

Ketika memilih jasa tukang bangunan, Anda bisa meminta rekomendasi dari keluarga atau tetangga di rumah. Jika ingin memilih sendiri, tanyakanlah pengalaman kerjanya serta keahliannya. Pengalaman kerja yang banyak, pada umumnya akan meningkatkan keterampilan tukang bangunan.

Sesuaikan dengan keahliannya

Setiap tukang bangunan memiliki karakteristik keahlian yang berbeda-beda. Ada yang ahli mengerjakan pekerjaan kayu, pekerjaan batu, atau ahli pekerjaan besi. Tanyakan kepada mereka pekerjaan apa yang ia kuasai. Pilih pula tukang yang memiliki inisiatif lebih untuk
mengerjakan olahan yang lebih rumit dan detail.

Baca Juga: Ingin Harga Jual Rumah Anda Melejit, Renovasi Dulu Ruang Berikut Ini

Komunikasi rutin

Agar hasil akhir pekerjaan ketika membangun rumah ataupun merenovasi berhasil, rutinkan berkomunikasi dengan tukang bangunan yang mengerjakan rumah anda. Terkadang ada perbedaan pemahaman gambar kerja antara Anda dan tukang.

Oleh karena itu, rajinlah datang memeriksa pekerjaan tukang agar semuanya sesuai dengan yang Anda inginkan. Jangan sampai kesalahpahaman membuat anda merugi karena harus membongkar bagian ruangan yang tak sesuai keinginan.

Terbuka pada saran

Pada dasarnya tukang bangunan bekerja hanya berdasarkan perintah dari pemberi tugas. Akan tetapi, tidak jarang mereka memberi masukan yang baik. Contohnya dalam mengakali kekurangan material bangunan.

Atau perbaikan kerusakan-kerusakan bangunan. Kebanyakan ide-ide yang mereka berikan didapat dari pengalaman mereka selama bekerja. Jika dirasa ada ide atau saran baik yang datang dari tukang bangunan rumah Anda, tak ada salahnya untuk menerimanya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda